Kementan Ekspor 85 Ribu Ayam Bibit Petelur Ke Singapura

oleh -58 views
WhatsApp_Image_2022_11_29_at_10_.08
Foto : Dok. Barantan

Panennews.com – Kementerian Pertanian melalui Badan Karantina Pertanian (Barantan) untuk pertama kalinya melakukan sertifikasi ekspor terhadap 85.850 ekor ayam bibit petelur dengan negara tujuan Singapura.

“Kita mampu mencukupi kebutuhan dalam negeri dan bisa ekspor, dengan tetap meningkatkan produktivitas”. Ungkap Bambang, Kepala Barantan dalam sambutannya saat pelepasan ekspor ayam bibit petelur atau Day Old Chick (DOC) Final Stock Layer Hyline Brown.

Adapun ekspor perdana dengan nilai Rp. 1,454 milyar ini milik PT CPI Jaya Farm yang berada di Jawa Timur.

“Titip pesan dari Pak Menteri, yang sangat ingin hadir langsung, namun beliau saat ini ada kegiatan lain yang tidak dapat diwakili, yakni tentang arti penting pertanian untuk Indonesia, rasa bangga terhadap Pemda Jatim khususnya, karena pangan kita banyak berasal dari Jatim, sentra peternakan juga paling besar dari Jatim. Terimakasih atas kinerja seluruh jajaran di Pemda Jatim,”. Ungkap Bambang lagi.

Baca Juga :   Menteri KKP Sampaikan Jurus Hadapi Penolakan Produk Perikanan Indonesia di Pasar Global

Selain itu, Tjiu Thomas Effendi, Direktur PT. CP Jaya Farm menyampaikan apresiasi yang tinggi atas fasilitasi ekspor dari jajaran Kementerian Pertanian. Ia menjelaskan bahwa pihaknya telah berhasil melewati tahapan desk audit dan onsite review yang dilaksanakan oleh Singapore Food Agency (SFA).

“Tentunya ini tidak lepas dari dengan dukungan dari jajaran tim teknis Kementerian Pertanian dan Pemda Jawa Timur dalam mengawal serta memfasilitasi ekspor,”.Ungkapnya.

Sementara itu, di Propinsi Jawa Timur, PT. Cp Jaya Farm memiliki 3 unit farm parent stock layer dengan kapasitas produksi 82,3 juta butir telur tetas per tahun yang dapat di proses menghasilkan sekitar 34,7 juta ekor DOC FS Layer per tahun atau 668.461 ekor per bulan.

Baca Juga :   Selain Lezat, Sarang Lebah Juga Banyak Manfaatnya

Lebih lanjut, sejak tahun 2018, PT. Charoen Pokphand Indonesia Tbk. Pabrik krian telah melakukan ekspor produk pakan ternak unggas ke Timor Leste dari Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.