Wapres Dorong Papua Selatan, Jadi Lumbung Pangan Indonesia Timur

oleh -42 views
IMG_20220127_153146-1024x480
Foto : Setwapres

Panennews.com – Pemerintah terus mengupayakan terciptanya ketahanan pangan nasional untuk memberikan jaminan keamanan bahan pangan bagi masyarakat Indonesia. Untuk mewujudkan cita-cita tersebut, berbagai ikhtiar eksplorasi dilakukan di wilayah-wilayah yang potensial untuk menjadi produsen bahan pangan, salah satunya di Provinsi Papua Selatan.

“Kita perlu fokus untuk menjadikan Papua Selatan sebagai lumbung pangan nasional di Timur Indonesia, baik sentra padi, sentra perikanan dan sentra peternakan,” tutur Wakil Presiden (Wapres) K. H. Ma’ruf Amin pada acara Pertemuan dengan Pj. Gubernur Papua Selatan di Sakil Ballroom Hotel SwissBell, Provinsi Papua Selatan, Rabu (30/11/2022).

Selain itu, Wapres menyampaikan, proses eksplorasi ini harus dilakukan dengan tetap memperhatikan pandangan dari masyarakat lokal. Oleh karena itu, keterlibatan Orang Asli Papua sangat penting dalam proses ini sebab mereka merupakan elemen yang paling mengerti tentang lahan di daerahnya.

Baca Juga :   Peneliti UI: Kementan Perlu Diberi Ruang Dalam Kebijakan Impor

“Rumuskan pendekatan yang terintegrasi sejak hulu ke hilir, pastikan keterlibatan masyarakat asli Papua,”. Ungkap Wapres.

Di sisi lain, sebagai Daerah Otonom Baru, Wapres mengharapkan adanya pembahasan lebih komprehensif terkait isu dan agenda yang menjadi fokus di Papua Selatan. Untuk itu, ia meminta para pemangku kepentingan terkait di jajaran struktural untuk segera melakukan diskusi mengenai isu-isu terkait pemerintahan dan kemasyarakatan.

“Saya instruksikan kepada para menteri untuk segera membahas berbagai isu dan agenda yang menjadi perhatian di Provinsi Papua Selatan,”. Ungkap Wapres dalam arahannya.

Sementara itu, Bupati Merauke Romanus Mbaraka, memaparkan bahwa potensi bahan pangan Papua Selatan sangat melimpah, seperti pertanian, perikanan, perkebunan, peternakan, dan hortikultura.

Baca Juga :   DPD RI Minta Pemerintah Stabilkan Harga Bapok Di Bulan Puasa

“Kami di selatan Papua tidak punya potensi tambang. Tapi Tuhan kasih Papua ini adil, kami di selatan adalah leading sector, atau provinsi kita yang cukup andal adalah potensi pertanian, perikanan, perkebunan dan peternakan, serta hortikultura atau tanaman padi,”. Ungkap Romanus.

Lebih lanjut, Gubernur Papua Selatan Apolo Safanpo, menyampaikan bahwa kehadiran Wapres menjadi pemacu semangat bagi masyarakat Papua untuk meningkatkan daya saing dan pembangunan dengan provinsi yang lain.

“Kami berharap kehadiran Bapak Wapres di Provinsi Papua dapat memberi motivasi dan juga dukungan kepada kami untuk mengejar ketertinggalan pembangunan dari provinsi-provinsi yang lain,”. Tutup Apolo.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.