Ekor Kucing, Tanaman Hias Bermanfaat Herbal

oleh -104 views
cats-tail-346885__340
Foto : Pixabay

Panennews.com – Ekor kucing merupakan salah satu jenis tanaman hias semak berbunga yang keberadaannya mudah dijumpai pada perkebunan. Tanaman tersebut biasanya banyak ditanam dan dibudidayakan oleh pecinta tanaman hias.

Ekor kucing tersebut mempunyai nama Ilmiah Acalypha Hispida ini masih termasuk dalam famili Acalyphinae. Tanaman dengan bentuk yang cenderung mirip kucing ini dinilai mempunyai manfaat.

Secara morfologi, tanaman ini dapat tumbuh tegak pada dataran tinggi dengan ukuran yang berkisar antara 2 – 3 meter yang dengan dilengkapi daun berwarna hijau cenderung terang. Daunnya berbentuk bulat telur yang berukuran kisaran antara 6 cm pada lebarnya, sedangkan panjangnya berkisar antara 11 – 12 cm. Adapun biasanya tanaman ini menyebar pada daerah iklim tropis termasuk negara Indonesia.

Baca Juga :   Gila! Gaji Profesor Kalah Sama Penjual Tanaman Hias

Selain itu, terdapat bunga pada tanaman tersebut yang berdiameter berkisar 1,5 cm, dapat memanjang hingga sekitar 20 cm. Bunganya bersifat majemuk yang menjuntai kebawah, biasanya bunga tersebut berkumpul dalam karangan berbentuk bulir. Adapun warna dari bunga tersebut kebanyakan berwarna merah cenderung gelap yang dilengkapi dengan putik-putik halus.

Sementara itu, tanaman dengan cirinya tersebut banyak dikenal oleh sebagian masyarakat dengan sebutan tanaman hias dengan manfaat herbal, karena tanaman ini banyak mengandung senyawa yang penting diantaranya alkaloid, tanin, saponin, bahkan beragam jenis minyak atsiri.

Baca Juga :   DPD RI Dorong Pemerintah Tetapkan Aturan Pertanian Perkebunan Berkelanjutan

Lebih lanjut, dari kandungannya yang disebutkan tadi, tanaman tersebut tergolong tanaman herbal. Karena biasanya tanaman tersebut bermanfaat untuk beberapa macam penyakit.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.