Ternyata Punya Sederet Manfaat, Lahan Hutan Di Tanami Tanaman Pangan

oleh -30 views
tree-7168236__340
Foto : Pixabay

Panennews.com – Hutan merupakan sumber daya alam yang sangat penting bagi kehidupan makhluk hidup secara langsung maupun tidak langsung. Hutan tersebut dinilai memiliki keanekaragaman hayati yang tergolong tinggi.

Biasanya dalam hutan tersebut didapatkan pohon-pohon besar dan liar yang menghiasi hutan, namun saat ini banyak hutan yang ditanami tanaman pangan, hutan yang terdapat tanaman pangan ternyata punya sederet manfaat yang jarang orang mengetahuinya, adapun manfaat tersebut diantaranya.

Solusi Krisis Pangan

Lahan hutan yang terdapat tanaman pangan dinilai menjadi sumber solusi krisis pangan. Pasalnya, saat ini Indonesia tengah mengalami berbagai guncangan krisis pangan yang menyebabkan bahan pokok cenderung naik harganya, namun lahan hutan tersebut bisa jadi solusi atas krisis pangan karena kaya akan tanaman pangan yang tentunya bermanfaat.

Baca Juga :   Penghasil Kayu Terbaik, Begini Cara Budidaya Pohon Mahoni

Pelestarian Tanaman Pangan

Saat ini di Indonesia banyak sekali lahan kosong yang dibangun menjadi rumah tinggal, gedung perkantoran, hotel, bahkan apartemen, sehingga sulit untuk melestarikan dan menanam tanaman tersebut. Hutan bisa jadi solusi pelestarian tanaman pangan, dengan menanamnya merupakan salah satu pelestarian tanaman pangan. Selain itu, tanaman pangan pun mudah ditemukan pada setiap sudut-sudut daerah.

Bikin Hutan Rapi

Biasanya banyak ditemukan hutan-hutan yang berpohon tinggi dan rantingnya pun bisa menjular ke jalan hutan tersebut. Namun, dengan menanam tanaman pangan seperti padi, jagung, dan juga sorgum, hutan tersebut dinilai lebih rapi. Selain itu, udaranya pun tergolong lebih segar dan menambah manfaat bagi ekosistem makhluk hidup sekitar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.