Mengenal Tanaman Cocor Bebek, Dari Ciri Hingga Manfaatnya

oleh -346 views
A closeup photo of Bryophyllum daigremontianum (cocor bebek)
Foto : Pixabay

Panennews.com – Cocor bebek merupakan salah satu tanaman liar yang biasanya tumbuh di kebun-kebun maupun tanah berbatuan. Tanaman tersebut saat ini tengah populer digunakan sebagai tanaman hias pekarangan rumah indoor atau outdoor.

Tanaman ini mempunyai nama Ilmiah Kalanchoe Pinnata yang berasal dari famili dan Genus Kalanchoe. Cocor bebek ini tersebar luas pada daerah iklim tropis seperti Asia bahkan juga penyebarannya sampai ke negara-negara Eropa.

Secara umum, tanaman tersebut mempunyai ciri-ciri daunnya yang cenderung tebal dengan batangnya bersegi empat. Biasanya batang tersebut bersifat lunak, tegak, dan beruas, adapun warna dari tanaman ini yaitu hijau cenderung terang yang berserabut taring pada bagian pinggir maupun ujung pada daun cocor bebek tersebut.

Baca Juga :   Cukai Ilegal Banyak Beredar Di NTB, Dana BHCT Pemerintah Pusat Menurun

Selain itu, terdapat juga ciri bunga yang berbentuk majemuk dengan menggantung pada daunnya mempunyai kelopak silindris serta berdekatan. Bunga tersebut mempunyai warna merah cenderung ungu terang, adapun ukuran bunga pada tanaman cocor bebek ini yaitu 3 – 5 cm yang biasanya terdapat pada daun serta batangnya.

Sementara itu, oleh sebagian besar masyarakat khususnya pada wilayah Indonesia, kerap menjadikan tanaman cocor bebek tersebut sebagai pengganti obat medis dan bisa dikatakan sebagai obat tradisional. Karena cocor bebek ini dengan kandungannya dinilai bermanfaat bagi kesehatan, adapun manfaat tersebut bisa menyembuhkan berbagai macam jenis penyakit seperti mencegah kanker, anti asma, sampai mencegah gangguan sistem pencernaan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.