Fakta Menarik Buah Matoa, Mulai Dari Banyak Nutrisi Hingga Pohonnya Yang Tinggi

oleh -378 views
Buah Matoa
Foto : Dok. Gapoktan Sekarsari

Panennews.com – Siapa yang tidak mengenal buah matoa ini, buah yang berasal dari tanah Papua biasanya tumbuh pada daerah beriklim tropis. Buah tersebut mempunyai bentuk lonjong dengan cita rasanya yang asam manis.

Selain punya cita rasa manis, buah matoa ini pun mempunyai fakta menarik yang tentunya sangat jarang bagi kebanyakan orang yang mengetahuinya. Adapun fakta menarik buah matoa tersebut yaitu.

Banyak Kandungan Nutrisi

Buah matoa terdapat nutrisi yang cenderung lengkap diantaranya karbohidrat, protein, serat, natrium, kalium, dan magnesium. Selain itu, matoa ini pun dilengkapi beberapa vitamin seperti vitamin C dan E yang tentunya sangat bermanfaat untuk tubuh serta dapat melengkapi angka kecukupan gizi bagi siapa saja yang mengkonsumsinya.

Baca Juga :   Fakta Menarik Kenari, Buah Tropis Punya Nilai Ekonomi Tinggi

Buahnya Cepat Panen

Pada umumnya, buah yang dinilai panen dapat menghabiskan waktu yang berkisar antara 12 bulan sampai 24 bulan lamanya. Hal tersebut tidak berlaku pada buah matoa, buah ini dapat panen pada kisaran waktu 6 – 8 bulan dari masa tanam pohonnya. Selain itu, pada panen buah tersebut dilakukan dengan gunting buahnya atau pun dengan pisau yang cenderung tajam.

Punya Pohon Tinggi

Buah khas papua ini mempunyai pohon yang disebut dengan pohon matoa, pohon ini pun tumbuh besar dan tinggi dengan mencapai kisaran 18 meter dengan diameter rata-rata 100 cm. Selain itu, pohon matoa ini dapat mudah beradaptasi terhadap cuaca panas maupun dingin di negara Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.