Bambu Ampel, Tanaman Hutan Tropis Dengan Kegunaannya Untuk Alat Rumah Tangga

oleh -354 views
golden-bamboo-345769__340
Foto : Pixabay

Panennews.com – Bambu ampel merupakan salah satu spesies tanaman bambu yang paling banyak diminati oleh berbagai kalangan masyarakat. Bambu tersebut dapat ditemukan keberadaannya pada hutan tropis.

Bambu ampel tersebut mempunyai nama Ilmiah Bambusa Vulgaris yang masih satu keluarga dengan Poaceae. Bambu ini memiliki kegunaan yang cenderung besar khususnya pada wilayah yang beriklim tropis.

Secara morfologi, bambu tersebut dapat tumbuh pada ketinggian yang berkisar antara 1.200 meter. Bentuk bambu ini cenderung tegak membentuk rumpun yang tumbuh dengan tinggi berkisar antara 15 – 20 meter dengan panjangnya berkisar antara 20 – 45 cm dan berdiameter 40 – 120 mm.

Baca Juga :   Kedawung, Tanaman Raksasa yang Menyimpan Khasiat

Selain itu, bambu ini juga terdapat karakteristik yang dapat tumbuh ditanah lembab, subur, kaya humus dibawah sinar matahari cenderung penuh dalam kondisi lembab hangat. Biasanya bambu tersebut setelah mencapai 3 tahun lamanya tumbuh, bambunya dapat digunakan sebagai bahan baku alat rumah tangga.

Adapun bambu yang dapat dijadikan bahan baku alat rumah tangga yaitu bambu dengan warna yang cenderung kuning terang, hal ini menandakan bambu tersebut sangat baik. Panjang bambu yang siap digunakan untuk peralatan rumah tangga biasanya mencapai kisaran antara 17 meter.

Baca Juga :   Mengenal Bambu Duri, Dari Habitatnya Hingga Karakternya

Sementara itu, karakteristik yang panjang dan tahan lama menjadikan bambu tersebut sangat digunakan berbagai kalangan masyarakat untuk menopang kesehariannya dalam rumah tangga. Hal tersebut dinilai bambu ini untuk memenuhi berbagai keperluan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.