Sayangi Hutan, Ini Cara Mudah Mencegah Kebakaran Hutan

oleh -88 views
forest-fire-432870__340
Foto : Pixabay

Panennews.com – Hutan merupakan salah satu kekayaan alam yang harus kita jaga dan kita sayangi. Pasalnya, di Indonesia terdapat luas hutan yang berkisar antara 187 hektare lahan hutan yang dipercayai menjadi paru-paru dunia.

Oleh karena luas hutan tersebut, Indonesia memiliki potensi besar terjadinya kebakaran hutan. Namun, hal ini bisa dilakukan pencegahan dengan cara mudah yang diantaranya.

Hindari Membakar Di Area Hutan

Cara mudah yang pertama dilakukan yaitu dengan menghindari kegiatan pembakaran di sekitar hutan, biasanya banyak dari sebagian masyarakat melakukan kegiatan pembakaran pada sekitar hutan. Hal ini berpotensi besar terjadinya kebakaran hutan dan lahan, sehingga dengan demikian kegiatan membakar sebaiknya tidak dilakukan pada sekitar hutan.

Baca Juga :   Tebang Pohon Mangrove Secara Liar, Ini 3 Dampak Negatifnya

Jangan Buang Puntung Rokok Di Hutan

Membuang puntung rokok secara sembarang tempat terlebih lagi pada sekitar hutan, hal ini dapat memicu terjadinya kebakaran hutan dan lahan karena percikan api yang berasal dari puntung rokok ini. Selain itu, membuang puntung rokok ini juga dapat menyebabkan lahan hutan menjadi kotor dan tidak lagi dinilai indah.

Tidak Membuat Api Unggun

Banyak dari sebagian masyarakat memanfaatkan lahan hutan untuk membuat api unggun, kegiatan ini memang cenderung indah namun hal tersebut bisa memicu terjadinya kebakaran hutan. Oleh karena itu, cara mudah untuk mencegah kebakaran hutan yaitu dengan tidak membuat api unggun pada sekitar hutan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.