Pakis Sayur, Tumbuhan Liar Yang Mengandung Antioksidan

oleh -354 views
Diplazium esculentum, the vegetable fern on white background.
Foto : Pixabay

Panennews.com – Pakis sayur merupakan salah satu jenis tumbuhan paku atau pakis yang biasanya banyak dikonsumsi sebagai sayuran oleh penduduk Asia Tenggara. Selain dimanfaatkan untuk kebutuhan kuliner, pakis sayur ini juga kerap dikenal sebagai penyembuh berbagai macam penyakit.

Pakis sayur mempunyai nama Ilmiah Diplazium Esculentum yang masih dalam satu kelompok dengan tumbuhan tertua yang biasanya dapat kita jumpai diberbagai dataran rendah. Adapun nama lain dari pakis sayur yaitu pucuk paku yang biasa disebut pada negara Malaysia.

Baca Juga :   Melati Putih Si Puspa Bangsa

Tumbuhan sayur tersebut dapat tumbuh didataran rendah maupun tinggi bahkan tergolong liar yang dapat tumbuh dimana saja. Ciri tumbuhan tersebut terdapat panjang tangkai yang berkisar 50 cm – 70 cm dengan rimpangnya dapat mencapai kisaran 1 meter, bagian bawahnya terdapat akar berwarna gelap.

Selain itu, mempunyai daun yang cenderung bergerombol pada bagian ujung rimpang tegak. Helai daun keseluruhan berbentuk lanset, dengan sirip daun utama cenderung menyirip pada tulang daun. Adapun panjang daun tersebut berkisar antara 3 – 5 cm yang biasanya sering dimanfaatkan daunnya.

Baca Juga :   Kelebihan Dan Kekurangan Pupuk Organik Cair Untuk Tanaman

Sementara itu, pakis sayur tersebut mengandung banyak serat dan nutrisi yang diantaranya vitamin A, vitamin B, maupun fosfor. Dan banyak juga mengandung antioksidan yang tinggi.

Dengan demikian, pakis sayur melalui daunnya kerap menjadi masakan utama dan dapat diolah menjadi makanan pokok. Biasanya pakis sayur tersebut dapat kita jumpai pada masakan tumis, sayur sop, bahkan campuran masakan jepang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.