Kelebihan Dan Kekurangan Pupuk Organik Cair Untuk Tanaman

oleh -403 views
-962131990-170667a
Foto : Pixabay

Panennews.com – Pupuk merupakan bahan komponen penting yang harus diberikan pada tanaman untuk memenuhi produktivitasnya agar subur. Ada banyak beragam jenis pupuk yang salah satunya yaitu pupuk organik cair.

Pupuk organik cair ini telah cukup populer dan tergolong banyak digunakan oleh kalangan masyarakat. Namun, pupuk tersebut ada kelebihan dan kekurangannya yang harus diketahui sebelum menggunakan pupuk organik cair ini.

Adapun kelebihan pupuk organik cair diantaranya lebih aman dan tergolong ramah dengan lingkungan sekitar, karena pupuk tersebut berasal dari limbah sampah maupun sisa-sisa tanaman. Di sisi lain, pupuk organik dipercayai dapat menambah dan meningkatkan unsur hara kesuburan pada tanah dan mampu dalam jadi pengikatan antara partikel pada tanah dengan akar-akar tanaman.

Baca Juga :   Guna Meningkatkan Daya Saing, Pemerintah Pangkas Perizinan Ekspor Kopi

Selain itu, kelebihan menggunakan pupuk ini juga terletak pada harganya yang cukup terjangkau, keberadaan pupuk tersebut juga sangat mudah didapatkan. Lebih lanjut, kelebihannya juga bisa menghasilkan buah yang lebat jika diberikan pada tanaman buah. Pasalnya, pupuk cair tergolong lengkap kandungannya, sehingga dapat merangsang tanaman.

Sementara itu, dibalik kelebihan pupuk tersebut menyimpan juga sederet kekurangannya seperti mikroorganisme pada pupuk cair sangat mudah sekali berkurang karena kandungannya sangat rendah, pupuk cair juga kerap rentan terhadap serangan hama. Lebih lanjut, pupuk tersebut seringkali mengeluarkan gas dan bau yang tidak sedap akibat fermentasi pada awal pembuatannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.