Kerja Cepat Pantau Stok Pangan Di Pasar Cibubur, Mendag Zulhas : Harga Barang Kebutuhan Pokok Harus Segera Dikendalikan

oleh -151 views
w41vJzth_album_image
Foto : Biro Humas Kemendag

Panennews.com – Hari pertama bertugas, Menteri Perdagangan RI Zulkifli Hasan langsung memantau Pasar Cibubur di Jakarta Timur, pada Kamis (16/06/2022). Dengan hadirnya di pasar tersebut, Mendag langsung cek stok pangan dan mendengar keluh kesah para pedagang dan pembeli, Mendag Zulkifli Hasan dapat merumuskan berbagai strategi penanganan masalah pangan secara nasional.

“Sebelum rapat-rapat, justru (kunjungan ke pasar) ini yang penting. Saya dengarkan langsung tadi keluhan pedagang dan masyarakat pembeli. Harga-harga barang kebutuhan pokok harus segera kita kendalikan dan cari solusinya. Kasihan rakyat,”. Tegas Mendag Zulhas.

Mendag Zulhas menambahkan, Kementerian Perdagangan harus menjadi regulator yang adil. Dengan prinsip keadilan dan persoalan-persoalan bisa diurai.

“Kemendag harus menjadi yang paling depan mengatur prinsip keadilan dalam perdagangan. Regulasi harus adil. Pedagang dan pembeli harus jujur, seimbang, dan saling memberikan maslahat satu sama lain. Pembelinya bahagia. Pedagang bahagia. Jangan sampai ada yang menimbun, menahan harga, dan lainnya,” Ungkap Mendag

Baca Juga :   Jelang Tahun Baru 2023, Pemerintah Pantau Harga Dan Pasokan Pangan Di Kalimantan

Adapun terkait minyak goreng, Mendag Zulhas segera mengambil kebijakan agar harga minyak goreng curah dapat dikemas dengan kemasan sederhana dan terkendali di harga Rp 14.000/liter.

Selain itu, Mendag Zulhas juga mendengarkan keluh kesah para pedagang dan pembeli. Pedagang daging dan telur bernama Eti mengeluhkan terus naiknya harga sembako yang membuatnya kesulitan menjual.

“Dari sananya sudah mahal, terpaksa kita ambil untung hanya sedikit. Kalau mahal, gak ada yang mau beli. Semua jadi susah. Bukan hanya pembeli, pedagang juga bingung soal harga ini, Pak,” katanya.

Baca Juga :   BPS : Sektor Pertanian Tumbuh Positif 2,59 Persen di Kuartal ke IV

Sementara itu, terkait harga pangan di Pasar Cibubur terpantau di minyak goreng curah mendapat pasokan rutin dengan harga jual konsumen akhir sebesar Rp 14.000/liter. Sementara minyak goreng kemasan premium dijual dengan harga Rp 24.000/liter. Untuk komoditas lain, yaitu gula dijual Rp 14.000/kg, tepung terigu kemasan Rp 12.000/kg, telur ayam ras Rp 29.000/kg, daging ayam Rp40.000/kg, daging sapi Rp140.000/kg, cabai merah keriting Rp 90.000/kg, cabai merah besar Rp 90.000/kg, cabai rawit merah Rp 110.000/kg, bawang merah Rp 60.000/kg, bawang putih honan Rp 30.000/kg, serta bawang putih
kating Rp 42.000/kg.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.