Ikan Hiu Gergaji, Spesies Biota Laut Yang Hampir Punah

oleh -431 views
White Shark Underwater.
Foto : Istockphoto

Panennews.com – Ikan hiu gergaji merupakan salah satu predator yang biasanya kita jumpai pada perairan laut. Meskipun ikan tersebut berada pada lautan namun ikan jenis ini sudah beradaptasi dengan perairan tawar.

Ikan dengan nama Ilmiah Pristis Microdon yang termasuk dalam genus Pristis ini terkenal dengan habitat hidupnya beriklim tropis. Jika di Indonesia biasanya banyak ditemui pada perairan danau dan sungai-sungai hilir hulu berkepanjangan pada lautan.

Secara morfologi, ikan hiu gergaji ini mempunyai bentuk tubuh berwarna coklat cenderung ke abuan dengan tulangnya yang berlawanan. Sedangkan bagian perutnya berwarna putih coklat, lalu ikan tersebut terdapat gigi mulut yang sangat kecil dengan rahang atas mempunyai anak gigi berkisar 72 anak gigi. Adapun ikan tersebut mempunyai sirip dada berukuran cenderung lebar.

Baca Juga :   Belut Moray, Biota Laut Dengan Bentuk Tubuh Memanjang

Selain itu, ikan tersebut mempunyai insang yang terdapat pada kepala bagian atasnya dan insang ini sering terbuka. Adapun insang tersebut setiap lengkungnya terdiri dari lamellae yang seperti daun kecil, hal tersebut menjadikan insang mempunyai prinsip berlawanan sehingga bisa mengoptimalkan pernafasannya.

Sementara itu, keberadaan hiu gergaji tersebut jarang sekali ditemukan pada perairan laut maupun sungai karena biota laut ini tidak termasuk hewan yang dilindungi dan sudah tidak ada lagi apapun yang berbau jenis biota laut tersebut. Hal ini menjadikan hiu gergaji terancam punah pada perairan Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.