Begini Caranya, Budidaya Bawang Merah Di Lahan Kering

oleh -161 views
Bawang Merah
Ilustrasi Bawang Merah Foto : Freepik

Pannnews.com – Bawang merah merupakan salah satu tanaman semusim yang banyak dibutuhkan dalam kehidupan sehari-hari. Bawang merah yang kita kenal biasanya dibudidayakan pada lahan basah dan jarang sekali dibudidayakan pada lahan kering.

Secara teknis, bawang merah dinilai mampu beradaptasi dengan baik jika ditanam pada dataran rendah dan tak jarang juga pada lahan yang kering. Bawang tersebut mempunyai prospek untuk dikembangkan pada lahan kering dengan syarat tumbuh dan teknik pembudidayaan diantaranya dengan pengolahan tanah terlebih dahulu.

Baca Juga :   Budidaya Ikan Dalam Ember, Siasati Lahan Terbatas Di Kota Pontianak

Tanah tersebut perlu diolah dengan cara yang sempurna yaitu digali dengan kedalaman berkisar 30 cm, digemburkan dan dibersihkan dari sisa-sisa tanaman maupun sampah. Setelah itu, buatlah bedengan dari bambu dengan ketinggian 10 cm, kemudian tanah tersebut taburkan pupuk kandang kemudian aduk dengan merata pada tanah.

Selain itu, pemupukan pada tanah dengan progres yang kedua sekitar 1 – 3 hari kemudian. Lalu taburkan bibit bawang merah yang siap tanam, adapun bibit bawang merah yang siap tanam agar dipotong ujungnya terlebih dahulu, hal tersebut dilakukan agar bawang merah cepat tumbuh.

Baca Juga :   Kawasan Food Estate Pulau Pisang, Masuk Musim Panen Raya

Sementara itu, lakukanlah penyiraman pada lahan kering yang tadi sudah dilakukan pengolahan tanahnya dengan teratur penyiraman berkisar antara 4 kali dalam sehari. Biasanya bawang merah akan tumbuh dengan kisaran waktu 6 – 7 bulan lamanya, lebih lanjut lagi hindari dari serangan hama yang menyerang bawang merah tersebut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.