Pastikan Keamanan Pangan Jelang Lebaran, KKP Sidak 2 Pasar Di Bogor

oleh -157 views
Pastikan Keamanan Pangan 4
Foto : Dok. KKP

Panennews.com – Menjelang Hari Raya Idul Fitri Kementrian Kelautan dan Perikanan (KKP) melakukan sidak ke sejumlah pasar tradisional di Kabupaten Bogor, Provinsi Jawa Barat. Bekerja sama dengan Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Bogor, PD. Pasar Tohaga Petugas Balai Besar Karantina Ikan, Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan (BKIPM) Jakarta 1 bergerak di dua pasar pada Senin pagi (25/04/2022).

Sidak tersebut dilakukan untuk mengecek ketersediaan pangan agar tetap bermutu baik kualitas maupun harga yang sesuai dipasaran agar tetap aman saat lebaran. Hal ini meliputi ikan khususnya dan beberapa macam bahan pokok lainnya.

“Kita cek kualitas dan mutu untuk menjaga keamanan pangan, khususnya ikan”. Kata kepala BKIPM Jakarta 1, Heri Yuwono pada kegiatan sidak tersebut.

Baca Juga :   RDP Kementan Dan Komisi IV DPR RI minta Kementan Fokus ke 5 program utama Kementan

Heri mengungkapkan, monitoring produk perikanan dimulai di Pasar Cibinong lalu menuju Pasar Parung. Adapun kegiatan tersebut meliputi pengambilan sampel ikan, wawancara dengan pedagang dan penilaian sarana dan prasarana tertentu.

“Kita bicara dengan pedagang, dan cek sarana mereka selama kegiatan.” Ujar heri.

Sementara itu, sampel ikan yang telah diambil akan dilakukan pengujian mikrobiologi dan organoleptik di laboratorium BKIPM Jakarta 1 dan Heri memastikan bahwa hasil uji lab tersebut akan dikirim ke Pemda setempat untuk kebijakan ke depannya.

“Nanti setelah ada hasilnya, kita langsung kirim ke Pemda berikut dengan rekomendasi kebijakannya”. Lanjut Heri.

Baca Juga :   Jaga Ekosistem Laut, KKP Kumpulkan Sampah Di Pantai Belitung

Monitoring dan pengawasan tersebut, kata Heri, merupakan implementasi dari Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 01 Tahun 2017 tentang Gerakan Masyarakat Hidup Sehat  (GERMAS) dan Quality Assurance di wilayah Kabupaten Bogor. Melalui kegiatan tersebut, Heri berharap masyarakat bisa semakin tenang saat mengkonsumsi ikan di momen lebaran.

“Itulah kenapa kegiatan ini dilaksanakan pada sentra pasar tradisional yang menjual ikan segar,” katanya.

Sebelumnya, Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono menyebut Quality Assurance sebagai aspek penting dari produksi ikan. Melalui Quality Assurance, produk perikanan akan semakin terjamin mutu dan kualitasnya saat dilepas ke pasar domestik maupun ekspor.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.