Budidaya Kutu Air, Peluang Bisnis Untuk Pakan Ikan

oleh -326 views
istockphoto-1160582967-170667a
Foto : Istockphoto

Panennews.com – Bagi sebagian orang kutu air dikenal sebagai sesuatu yang tidak berguna bahkan bisa saja sangat merugikan. Kutu air tersebut merupakan sejenis hewan kecil air tawar yang termasuk dalam klasifikasi makhluk zooplankton yang ukurannya sangat kecil.

Kutu air sendiri hidup dalam kelompok besar didalam tangki maupun ember dan tempat atau wadah kecil lainnya sehingga demikian relatif mudah untuk cara pembudidayaannya.

Adapun Langkah pertama untuk budidayanya sediakan wadah tersebut, lalu tebarkan kapur selepas itu keringkan wadah yang ditebarkan kapur. Fungsi kapur tersebut untuk menekankan kontagen. Lebih Lanjut, masukan pupuk kandang dengan dosis 2 kilogram hal ini dimaksudkan agar nanti timbul plankton yang bisa jadi pakan kutu air.

Baca Juga :   KKP Perketat Pengawasan Produk Ikan Di Pelabuhan Perikanan

Kemudian wadah tersebut di isi air kembali dan diamkan hingga kisaran 3 – 4 hari sampai menjadi keruh dan coklat. Warna coklat pada air ini artinya plankton sudah berkembang didalam air. Setelah itu, tebar bibit kutu air dan diamkan selama 1 minggu hingga datang masa panen.

Ketika sudah memasuki masa panen, kutu air tersebut bisa dipasarkan dan dijual oleh pelaku usaha ikan hias. Kutu air tersebut dinilai lebih aman dan alami untuk pakan ikan hias dibandingkan pakan pabrikan, karena masih fresh dan juga lebih menyehatkan dengan tidak bercampurnya bahan bahan kimia lainnya.

Baca Juga :   Festival Kampung Tahu, Kabupaten Kediri Dorong Pengrajin Tahu Urus Izin Usaha

Dengan demikian, peluang usaha budidaya kutu air ini dinilai sangat mudah dan memberikan keuntungan yang lumayan serta memberikan kemudahan bagi mereka yang hobi memelihara ikan hias untuk mendapatkan pakan bagi jenis ikan hiasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.