Mengenal Cacing Tabung Raksasa, Biota Laut Samudera

oleh -661 views
Cacing Tabung Raksasa
Foto : Fpk. Researchgate

Panennews.com – Hewan jenis cacing yang kita ketahui biasanya hidup dan dapat ditemukan pada daratan khususnya pada tanah maupun lumpur. Tetapi berbeda untuk jenis cacing ini yang hidupnya di lautan

Cacing tabung raksasa merupakan jenis cacing laut yang penampilan fisiknya berbeda dengan jenis cacing lainnya. Biasanya cacing tabung raksasa ini hanya dapat kita temukan pada perairan Samuder Pasifik tepatnya pada bawah laut dengan kedalaman berkisar maksimal 2.300 meter.

Mempunyai nama Ilmiah Riftia Pachyptila ini termasuk dalam jenis hewan famili semikuatik yang hidup didalam tabungnya berwarna putih dengan ukuran tinggi berkisar 3 meter. Tabung tersebut mempunyai cangkang menempel secara permanen pada dasar laut dan pada tabung ini lah cacing ini hidup.

Baca Juga :   Cek BBM Nelayan, Menteri Trenggono Meminta Stok BBM Untuk Nelayan Terjamin Aman

Cacing tabung raksasa mempunyai tubuh berwarna transparan dengan tubuh bagian depannya memiliki warna cenderung merah mencolok. Warna merah itu sendiri ada karena dipenuhi oleh hemoglobin yang terdapat pada cacing tersebut sehingga dapat mengikat partikel oksigen.

Bagian tubuh itu lah yang digunakan cacing untuk bernafas dengan cara menyerap partikel oksigen yang terdapat pada laut sehingga dapat menghilangkan bakteri jahat pada tubuh cacing tersebut.

Selain itu, cacing jenis ini tidak mempunyai mulut, mata, dan rongga perut. Biasanya jenis cacing ini untuk mendapatkan makanan dengan cara melakukan symbiosis mutualisme dengan bakteri yang terdapat pada tubuh cacing raksasa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.