Mengenal 3 Varietas Padi, Mulai dari Masa Panen Hingga Jenisnya

oleh -319 views
Ilustrasi Padi
Foto : Unsplash

Panennews.com – Padi merupakan salah satu tanaman budidaya yang terpenting dalam peradaban. Tanaman hijau ini yang paling banyak kita temui karena menjadi salah satu bahan makanan pokok diberbagai dunia khususnya Indonesia.

Padi dengan nama Ilmiah Oryza Sativa L ini secara garis besar mempunyai ciri ciri yaitu berakar serabut, daun berbentuk lanset (sempit memanjang), urat daun sejajar, mempunyai pelepah daun, dan bunganya tersusun sebagai bunga majemuk.

Selain itu, varietas padi ini juga berbagai macam jenis dan karakteristiknya. Namun, jarang orang mengetahui berbagai macam jenis jenis padi, berikut ini merupakan jenis jenis padi berdasarkan varietasnya.

Baca Juga :   Food Estate Kalteng Berkembang, Hasil Padi Capai Hingga 5 Ton

Padi Hibrida

Padi jenis ini hanya sekali tanam namun hasil panen padi jenis ini pun dapat mencapai dua kali lipat. Jenis varietas padi hibrida ini antara lain 1 dan 2, rokan,SL 8, dan 11 SHS. Adapun kelebihan padi jenis ini adalah panen yang maksimal.

Padi Unggul

Jenis padi unggul ini berada satu tingkat dibawah hibrida, jenis ini pun dapat ditanam berkali kali dengan hasil padi yang sama. Jenis varietas unggul ini antara lain Inpari, Inpago, dan Agritan.

Baca Juga :   Klaten Panen Padi Model IP400, Mentan SYL : Perluas Ke Daerah Lain

Padi Lokal

Jenis ini hanya ada pada daerah tertentu, karena padi ini membutuhkan spesifikasi khusus pada saat menanamnya. Biasanya jenis padi ini kita jumpai di daerah dataran tinggi dengan air yang banyak. Adapun panen yang dihasilkan dapat memproduksi kisaran 7 – 8 ton.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.