Ikan Kerapu, ‘Macan’ Hidup Di Perairan Dangkal

oleh -694 views
Ikan Kerapu
Foto : Flickr

Panennews.com – Ikan kerapu merupakan salah satu hewan jenis karnivora yang mempunyai habitat kedalaman yang beragam. Ikan ini paling populer yang menjadi tangkapan dan buruan di perairan Nusantara.

Kerapu dengan nama Ilmiah Epinephelus yang merupakan anak suku dari famili Serranidae ini secara umum terdapat 46 jenis kerapu yang tersebar diseluruh perairan dunia. Sedangkan jenis jenis kerapu yang hidup pada perairan Nusantara terdiri dari 8 jenis banyaknya.

Masing masing jenis kerapu mempunyai karakteristik yang berbeda. Namun, kebanyakan mempunyai karakteristik umum dengan bentuk tubuh bintik seperti macan yang cenderung lebar disertai panjang dan tinggi tubuhnya. Kerapu tersebut dilengkapi sirip kecil bersisik dan perut ikan tersebut berada tepat di bawah sirip dada. Adapun berat kerapu tersebut mencapai kisaran antara 600 sampai 1.200 gram.

Baca Juga :   Keunggulan Cacing Beku Sebagai Pakan Alami Ikan Toman

Kerapu tersebut dikenal sebagai ikan yang mempunyai beragam macam warna. Namun secara umum ikan tersebut berwarna putih cenderung kecoklatan yang terdapat pada tubuh dan siripnya. Walaupun dikenal mempunyai banyak warna tapi kerapu tersebut hampir mirip jenis yang satu dengan jenis yang lainnya.

Ikan ini mempunyai susunan gigi yang sangat tajam terdapat pada mulut rongga berukuran lebar. Kerapu muda pada umumnya mengkonsumsi krustacea berupa udang udangan dan kepiting. Selain itu, seiring bertambahnya usia menjadi dewasa kerapu tersebut akan lebih banyak mengkonsumsi ikan ikan kecil didekatnya.

Baca Juga :   Bisa Penuhi Gizi Harian, Ini Sejumlah Kandungan Nutrisi Ikan Kerapu

Sementara itu, kerapu mempunyai habitat diberbagai jenis perairan mulai dari perairan sungai, laut dangkal, hingga laut dalam. Kebanyakan kerapu tersebut banyak ditemukan pada lautan tropis dengan kedalaman dangkal. Biasanya banyak kita jumpai habitatnya pada celah-celah terumbu karang atau didalam goa pada dasar laut

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.