Patroli Pencegahan Kebakaran Hutan Bersama Masyarakat Peduli Api Desa Papagarang

oleh -33 views
klhk.co.id

Panennews.com- Masyarakat merupakan mitra dan subjek utama pengelolaan kawasan konservasi. Partisipasi aktif dan komitmen masyarakat di dalam dan sekitar kawasan konservasi sangatlah esensial dalam mewujudkan sebuah ekosistem lestari. Resort Papagarang Seksi Pengelolaan Taman Nasional (SPTN) Wilayah III Balai Taman Nasional Komodo berkomitmen penuh melestarikan ekosistem dalam kawasan dengan berkolaborasi bersama Kelompok Masyarakat Peduli Api (MPA). Kolaborasi ini dimaksudkan untuk memperkuat fungsi perlindungan dan pengamanan kawasan melalui pemberdayaan masyarakat, khususnya dalam hal pengendalian kebakaran hutan di kawasan Taman Nasional Komodo.

Kelompok MPA Desa Papagarang dengan jumlah personil sebanyak 10 orang melakukan patroli pencegahan kebakaran hutan bersama dengan petugas Resort Papagarang (I Komang P. Tussabat, Irsandi dan Yovi Septia) dan petugas Resort Padar Utara (Main dan Nasmawi) pada tanggal 27 Juli – 29 Juli 2021. Patroli bersama MPA Desa Papagarang ini berhasil menjelajahi wilayah kerja Resort Papagarang hingga Resort Padar Utara termasuk ke dalam lingkup wilayah kerja SPTN Wilayah III Balai Taman Nasional Komodo.

Baca Juga :   Kementerian Lingkungan Hidup Merilis Indeks Standar Pencemar Udara, Inilah Daftar Nya :

Tim juga turut serta melakukan pengumpulan sampah plastik di sekitar pantai untuk mengurangi terkumpulnya potensi bahan bakar kebakaran dalam rangkaian kegiatan patroli. Selain melakukan pemantauan, anggota MPA juga melakukan sosialisasi kepada penjual souvenir terkait regulasi kaitannya dengan penguatan strategi pencegahan kebakaran dan melakukan penelusuran jalur yang sering dilalui oleh para pencari madu hutan. Jalur tersebut diketahui merupakan lokasi rawan terbakar disebabkan karena api yang digunakan para pencari madu mengusir lebah. Selama rangkaian patroli tim berhasil menjelajahi Batu Cincin, Pulau Pengah Besar, dan pesisir pantai Pulau Papagarang. Tim memusatkan area pemantauan di Pulau Papagarang pada tanggal 29 Juli 2021. Jalur pemantauan mencakup wilayah timur hingga barat Pulau Papagarang.

Baca Juga :   KKP Lepas Ratusan Tukik di Ujung Selatan Indonesia

Kelompok MPA Desa Papagarang diharapkan menjadi mitra utama dalam pencegahan kebaran hutan di wilayah Desa Papagarang itu sendiri. Partisipasi aktif masyarakat dalam menjaga kawasan konservasi selalu dinantikan khususnya oleh masyarakat Desa Papagarang yang turut menjaga Pulau Papagarang beserta pulau-pulau di sekitarnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.