Jelang Hut Ke 22 KKP Gelar Lomba Jurnalistik

oleh -47 views
kkp.co.id

Panennews.com- Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) menggelar Anugerah Jurnalistik Sahabat Bahari dalam rangkaian peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-22 bertemakan Ekonomi Biru untuk Indonesia. Penghargaan tersebut bentuk apresiasi kepada insan pers yang selama ini membantu menginformasikan program-program KKP ke tengah masyarakat.

Penganugerahan terbagi dalam tiga kategori, masing-masing tulisan terbaik untuk media online dan cetak, serta foto jurnalistik terbaik. Total hadiah sebesar Rp100 juta dan penyerahan berlangsung di puncak peringatan HUT ke-22 KKP pada 26 Oktober 2021.

“Peringatan HUT tahun ini ada beberapa kegiatan yang kami gelar. Salah satunya Anugerah Jurnalistik Sahabat Bahari sebagai bentuk apresiasi dan terima kasih kami kepada teman-teman media,” ujar Sekretaris Jenderal Antam Novambar dalam siaran resmi KKP, Jumat (1/10/2021).

Baca Juga :   Urgensi penguatan laut dan masa depan Bakamla sebagai Garda Indonesia Sea and Coast Guard

Periode pengumpulan karya tulis jurnalistik maupun foto jurnalistik berlangsung mulai 1 sampai 22 Oktober 2021. Karya jurnalistik yang diikutsertakan dalam lomba merupakan hasil publikasi di media pada periode 1 Agustus sampai 22 Oktober 2021.

Asisten Khusus Menteri Kelautan dan Perikanan yang juga Ketua Pelaksana HUT ke-22 KKP, Doni Ismanto mengatakan, tema yang diangkat dalam lomba karya jurnalistik ini sesuai dengan program terobosan Menteri Sakti Wahyu Trenggono untuk periode 2021-2024.

“Penangkapan ikan terukur, budidaya perikanan yang kompetitif berorientasi ekspor atau sesuai dengan kearifan lokal, hingga peningkatan Pendapatan Negara Bukan Pajak (PNBP) yang digunakan untuk meningkatkan pembangunan sektor Kelautan dan Perikanan selama ini digaungkan Pak Menteri. Tema-tema ini diangkat dalam lomba, karena kita ingin melihat melalui kacamata media menyajikan sesuai dengan standar jurnalistik,” katanya.

Baca Juga :   Langkah KKP Atasi Dampak Negatif Bendungan Untuk Ikan Darat

Diharapkannya, melalui Anugerah Jurnalistik Sahabat Bahari akan muncul karya-karya jurnalistik yang bermutu tinggi dalam memberitakan sektor kelautan dan perikanan. “Kami mengharapkan kerjasama dengan teman-teman media juga semakin erat dalam rangka menjadikan sektor Kelautan dan Perikanan sebagai Prime Mover perekonomian bangsa di masa depan. Karya jurnalistik yang memberi inspirasi dan membangkitkan semangat tentu akan membuat sektor kelautan dan perikanan makin maju sesuai prinsip ekonomi biru,” tutupnya.

Selain anugerah karya jurnalistik, KKP menggelar Tiktok Video Challenge berupa testimoni 22 Tahun KKP, yang isinya bisa berupa pengetahuan atau penjelasan menarik mengenai tema Ekonomi Biru untuk Indonesia. Pengumpulan karya mulai 5 sampai 22 Oktober 2021.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.