Dorong Ekspor Komoditas Pertanian Menteri Pedagangan Kolaborasi dengan Mentan dan Menteri BUMN

oleh -27 views
kunjungan kerja Bersama Kabinet Indonesia Maju
Panen Raya di Gresik sumber: Humas Kementan

Panennews.com- Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi mendorong peningkatan ekspor komoditas pertanian melalui sinergi dengan kementerian pertanian dan kementerian BUMN. Hal ini dilakukan dalam rangka mendorong pertumbuhan ekonomi berkelanjutan, hal ini disampaikan Mendag saat acara pelepasan ekspor bersama produk pertanian di Surabaya pada Jum’at (12/03).

Kegiatan ini turut dihadiri oleh Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo, Menteri BUMN Erick Thohir dan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa. Pelepasan ekspor produk pertanian ini nilainya sekitar 140 miliar untuk di ekspor ke 12 negara, antara lain Amerika Serikat, Hongkong, Timor Leste, Jerman, Brunei, Thailandm Tiongkok, Vietnam, Korsel, Mesir, Singapura dan Bangladesh.

Baca Juga :   Dorong peningkatan Ekspor Udang untuk Tunjang Kebangkitan Ekonomi Trengono Akan Libatkan Perguruan Tinggi

Adapun komoditas yang di ekspor ada 34 jenis diantaranya pentol bakso, sarang burung walet, pakan ternak, cicak kering, lipan kering, asam amino hewan Llysine sulfate, pakan ternak, susu pasteurisasi, susu, kelapa, mentega kakao, bubuk kakao, biji kopi, cengkeh, dan serat campuran.

“Kerjasama ini merupakan permulaan untuk memastikan Indonesia mempunyai eksportir baru sehingga ekonomi terus mengalami keberlanjutan dimasa yang akan datang, melihat jumlah konsumsi Indonesia mencapai 56 persen dari PDB Indonesia, kita harus menjaga konsumsi agar masyarakat dapat menggerakkan industri dan mendorong ekspor” Kata Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi.

Baca Juga :   Dukung Industri Kelapa Sawit Berkelanjutan, Pemerintah Sesuaikan Tarif Pungutan Ekspor CPO dan Turunannya

Selain itu, Menteri Pertanian juga menyampaikan di tengah tantangan Covid-19 langkah-langkah startegis dalam percepatan pemulihan ekonomi nasional harus dilakukan, maka dari itu kerja sama antar sektor harus ditingkatkan, kedatangan kami untuk melepas ekspor dan bersama kita genjot pasar ekpsor produk pertanian.

“Kami juga berharap Export Center di Surabaya akan segera diwujudkan sehingga proses petikolah kemas jual di Jawa Timur dapat pasar Internasional, hal ini dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat khususnya Jawa Timur”. Kata Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.