,

Peluang Bisnis Bunga Terus Meningkat, Guru Besar Ekonomi IPB: Gaji Profesor Kalah Sama Petani Tanaman Hias

oleh -90 views
Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo pada acara ekspose inovasi tanaman hias di Balai Penelitian Tanaman Hias (Balithi), Balitbangtan, Cipanas/ist
Humas Kementan (Ilustrasi)

Panennews.com- , Guru Besar Ekonomi Institut Pertanian Bogor (IPB) Muhammad Firdaus mengamati peluang bisnis tanaman hias dan holtikultura terus mengalami kenaikan dan sangat menjanjikan, bahkan disampaikan bahwa gaji seorang profesor di IPB kalah besar dibandingkan petani tanaman hias dengan catatan kita harus tekun dalam bidang ini. Hal ini disampaikan pada acara Tik Talk episode Bisnis Tanaman Hias yang dilaksanakan Biro Humas dan Informasi Publik Kementerian Pertanian pada Jum’at (12/03).

Profesor Firdaus menyampaikan bahwa gaji Aparatur Negeri Sipil (ASN) bisa dihitung dengan bilangan digit angka, sedangkan gaji perajin dan petani tidak bisa dihitung karena pendapatan mereka tergantung banyaknya peminat tanaman hias di seluruh dunia. Selain itu dalam acara itu juga dihadiri Owner The Jungle Green House Jesslyn Lim.

Baca Juga :   Wapres Ma'ruf Amin Dukung Peningkatan Ekspor Komoditas Pala

“Saya juga heran kok masih ada yang mau menjadi ASN. Padahal jika mereka paham dan tau bisnis itu sangat menjanjikan dan pasti mereka tidak mau jadi ASN”. Kata Profesor Firdaus.

Sementara itu Jesslyn Lim juga mengatakan bisnis ini sangat mudah dilakukan meskipun hanya menggunakan lahan sempit seperti halaman dan pekarangan rumah. Dulu saya memulai bisnis tanaman ini mulai dari pot seluas 4 meter, kemudian ditekuni dan bertambah menjadi 100 pot dan sekarang menjadi full seiring berjalannya waktu, dengan diposting di media sosial yang bisa menarik minat pembeli.

Baca Juga :   Perdana, KKP Lepas Ekspor Ikan Labuan Bajo Ke Malaysia Hingga Singapura

Hadir juga dalam acara ini Ketua Kelompok Tani Manidiri Cianjur, Jana Rojana yang menyampaikan bahwa tanaman hias tidak akan pernah surut selama di dunia masih dihuni makhluk hidup dan bisnis ini bisa berkembang lebih besar lagi dengan hadirnya varietas cantik yang juga memiliki nilai jual mahal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.