Domba Merino, Primadona Para Peternak Domba

oleh -12 views
Domba Merino
Foto : Istockphoto

Panennews.com – Domba merino merupakan spesies domba yang berasal dari Negara Spanyol. Di Indonesia, dapat ditemui dengan mudah di daerah Wonosobo dan Banjarnegara. Domba ini adalah salah satu domba yang banyak diminati oleh masyarakat beberapa tahun ke belakang.

Domba merino sangat mudah dibedakan dengan domba lokal yang beredar di pasaran. Bulu domba yang tebal, ditambah ekornya yang cukup besar dan difungsikan sebagai cadangan lemak. Hewan ini pun mudah dikembangbiakkan karena memiliki kemampuan beradaptasi yang baik di berbagai iklim.

Baca Juga :   Ayam Hutan, Nenek Moyang Ayam Kampung yang Mempesona

Domba merino ditaksir memiliki harga jual cukup tinggi jika dibanding dengan domba lokal. Harga jual berkisar 2,5 juta hingga 4,5 juta rupiah. Untuk domba lokal dengan berat 40 – 50 kg biasanya hanya dipatok harga 1,3 juta rupiah. Namun, pembeli tetap memilih untuk membeli domba tersebut.

Merino mempunyai bulu yang sangat tebal. Belum lagi, kualitas wol yang dihasilkan sangat baik. Satu ekor domba merino dapat menghasilkan 11 kg wol/ekor. Belum lagi, jumlah dagingnya yang sangat banyak. 1 ekor domba dapat menghasilkan sekitar 20 hingga 22 kg daging.

Baca Juga :   Burung Wiwik, Si Burung Penyendiri

Pemberian pakan pada domba merino berbeda dengan pakan domba lokal. Domba yang sering disebut dengan dombos ini cukup diberi kangkung kering dan kleci (kulit ari biji kedelai). Namun, karena porsi makan yang besar pastikan untuk mengondisikan ketersediaan pakannya.

Komentar