Pesona Ikan Bawal yang Populer di Masyarakat

oleh -188 views
Ilustrasi Ikan
Ilustrasi Ikan - Foto : Adobe Stock

Panennews.com – Bawal, mendengar namanya Anda pasti sudah tak asing lagi. Ikan yang bisa di hidup di sungai maupun rawa-rawa ini sudah sangat populer bagi masyarakat. Daging ikannya yang lezat serta harga yang tergolong terjangkau membuatnya begitu disukai.

Bentuk ikan ini sungguh unik dan akan mengingatkan Anda akan ikan piranha. Ikan dengan nama latin Colossoma macropopomum hampir mirip dengan piranha mengingat bentuk dan corak tak jauh beda. Dari segi moncong pun demikian. Bedanya ikan ini jauh lebih besar meski giginya tidak tajam.

Baca Juga :   Wujudkan KKP Accelerate, Paus Sperma Terdampar di NTT Ditangani Secara Cepat

Ciri utama dari ikan ini ialah penampilannya yang terlihat bulat dan juga pipih. Bagian mulut terlihat agak moncong dibalut disertai dengan hidung yang lumayan besar untuk seukuran ikan. Setiap helai tubuhnya dilapisi sisik kecil dan pada bagian atas memiliki nuansa warna cokelat ataupun abu-abu.

Ikan bawal sudah banyak dibudidayakan masyarakat. Hal itu tak terlepas dari perawatan yang mudah. Anda bisa menyediakan kolam baik itu terpal maupun kolam ikan biasa yang dibuat khusus pelihara. Ikan ini biasa hidup di air tawar sehingga mudah dikembangbiakan.

Baca Juga :   Pari, Spesies Ikan Di Kawasan Pesisir Pantai

Lebih jauh Anda bisa memberikan makanan baik berupa dedaunan, daging maupun pelet agar cepat panen. Peternak umumnya menambahkan dedaunan agar nutrisi ikan terjaga. Lagi pula ikan ini pemakan daging dan juga tumbuhan jadi aman. Masa panen bisa dilakukan saat ikan berusia 4-6 bulan.

Ikan bawal merupakan komoditi yang banyak di cari masyarakat. Daging dan kandungan gizi di dalamnya sangat kompleks sehingga baik untuk di konsumsi. Anda dapat memanfaatkan fakta demikian untuk mencoba peruntungan beternak ikan ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.