Kayu Gaharu, Kayu Dengan Harga Yang Cukup Fantastis

oleh -9 views
Kayu Gaharu
Foto : Adobe Stock

Panennews.com – Tahukah anda bahwa Indonesia yang kaya akan sumber daya alamnya ini memiliki tanaman kayu yang memiliki harga cukup fantastis. Kayu tersebut salah satunya merupakan kayu gaharu yang tumbuh di tanah Indonesia. Bahkan saking mahalnya, kayu ini diklaim sebagai kayu yang mewah.

Kayu gaharu masuk dalam sejenis spesies pohon yang dikelompokkan pada golongan dari genus aquailaria khususnya jenis A. Malaccensis. Umumnya, jenis kayu ini berwarna hitam pekat dan juga memiliki resin yang berbau wangi.

Baca Juga :   Bintaro, Tumbuhan Penuh Racun Yang Dilindungi

Gaharu umumnya bisa tumbuh hingga 40 meter dengan diameter rata-rata 60 cm. gaharu memiliki daun yang lancip pada ujungnya. Serta berbuah oval dengan panjang sekitar3-5cm yang berwarna merah dan berbulu. Pohonnya berwarna hitam pekat dan berbau khas saat dipotong atau disayat.

Penyebaran pohon gaharu sendiri cukup luas dan tersebar di hampir seluruh wilayah hutan di Indonesia diantaranya Jawa, Sulawesi, Kalimantan, Sumatera, Nusa Tenggara maupun Papua dengan masa panen minimal 5 tahun.

Kayu gaharu dibagi atas 3 golongan dengan ciri berbeda-beda diantaranya gaharu kubal dengan warna hitam kecoklatan dan sangat wangi, gaharu kemedangan dengan warna abu dan permukaan kayu yang kasar dan lunak bila dipegang dan gaharu abu yang berbentuk serbuk seperti abu

Baca Juga :   Pohon Jati Kaya Manfaat Untuk Furniture

Penting untuk mengenal karakteristik kayu mahal khas yang tumbuh di Indonesia tersebut. Umumnya, gaharu biasa digunakan dalam komoditi wangi-wangian seperti parfum dan juga pengobatan.

Komentar