Ini Rahasianya Agar Ayam Ternak Tetap Sehat

oleh -11 views
Ilustrasi Peternakan Ayam
Peternakan Ayam - Foto: IG/broilerfarm

Panennews.com – Tingginya permintaan daging ayam, membuat masyarakat mencoba peruntungan dengan usaha ternak ayam pedaging. Selain kembali modal, untungnya pun menggiurkan. Tetapi, tidak banyak yang sukses. Beberapa harus gulung tikar karena ayam ternaknya habis diserang penyakit.

Bagaimana caranya agar tidak mudah terserang penyakit? Berikut langkah-langkah yang perlu diperhatikan.

Perhatikan Pakan

Seperti manusia, kesehatan tubuh banyak dipengaruhi oleh makanan yang masuk ke dalam tubuh. Bagi ayam, pakan merupakan sumber energi dan materi bagi pertumbuhan fisiknya.

Pakan menjadi faktor penting untuk menghasilkan ternak yang berkualitas. Pakan harus mengandung zat-zat gizi yang dibutuhkan, yaitu protein karbohidrat, lemak, vitamin dan mineral.

Pakan yang mengandung gizi tinggi akan membuat ayam sehat dan terhindar dari berbagai penyakit. Jika menggunakan pakan jadi, pilih juga pakan dengan kualitas tinggi sesuai pertumbuhan dan umur ayam. Yang sering terjadi, campuran pakan ternyata mengandung racun. Misalnya, racun pestesida pada jagung.

Baca Juga :   Rahasia Agar Burung Kenari Makin Istimewa

Bersihkan Kandang

Jika pakan sudah dijaga, hal berikutnya yang perlu diperhatikan adalah kandang. Sebab, sumber penyakit/bakteri dapat berasal dari kandang yang tidak bersih. Sirkulasi udara yang cukup, serta pembersihan kandang secara rutin perlu dilakukan.

Jika ayam sudah selesai masa panen, perlu juga mensterilkan kandang sebelum ditempati ayam berikutnya. Selain itu, penting juga menyediakan vasilitas lainnya yang menunjang produktifitas daging ayam.

Beberapa peternak berinovasi dengan memberikan musik pada kandang atau bacaan ayat suci Al-Quran agar ayam tidak stres.

Baca Juga :   Tips Budidaya Ikan Lele Agar Panen Berlimpah

Hindarkan ayam dan kandang dari genangan air. Air yang menggenang berpotensi mendatangkan penyakit pada ayam. Sementara itu, ayam yang sedang sakit harus dikarantina dan dipisahkan sejauh mungkin dari ayam lainnya.

Lakukan Vaksinasi

Peternak perlu melakukan vaksinasi secara teratur agar ayam kebal terhadap penyakit. Vaksinisasi yang baik dapat dilakukan seminggu sekali atau dua minggu sekali. Pemberian vaksin dapat secara kimia maupun secara tradisional.

Beberapa peternak membuat vaksin dengan menyampurkan daun sirih pada minuman ternak. Hal ini karena daun sirih memiliki beragam kandungan vitamin seperti vitamin C, tiamin, niasin, riboflavin, dan karoten.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *