Jangan Remehkan Daun Pepaya, Manfaatnya Sangat Banyak

oleh -63 views
Ilustrasi Pohon Pepaya
Ilustrasi Pohon Pepaya - Foto : Pixabay/@padrinan

Panennews.com – Pepaya seringkali dikenal dengan buahnya. Berwarna kuning tembaga dengan biji-biji kecil di dalamnya. Tetapi tidak banyak yang memanfaatkannya, apalagi dikonsumsi. Selain rasanya yang pahit, untuk mendapatkan daunnya tidak semudah mendapatkan buahnya.

Daun pepaya dapat dijadikan obat tradisional membantu mengatasi demam berdarah. Daun pepaya mengandung acetogenin yang dipercaya dapat mengatasi penyakit demam berdarah. Demam berdarah seringkali disebabkan oleh menurunnya trombosit akibat nyamuk Aedes.

Sementara itu, daun pepaya juga mengandung ensim protease dan amylase yang diyakini dapat membantu memecah protein, karbohidrat, dan mineral untuk melancarkan pencernaan.

Daun pepaya juga dipercaya membantu penyembuhan penyakit diabetes yang dikarenakan oleh kadar gula berlebih pada tubuh. Daun pepaya dipercaya dapat mengatur produksi insulin, yang berpengaruh pada kadar gula darah.

Baca Juga :   Tanam Pohon Macadamia Di Humbahas, Genjot Ekonomi Warga Sekitar

Masih banyak khasiat lain dari daun pepaya terutama juga jika mulai musim penghujan yang biasanya menjadi musim nyamuk. Orang yang mengkonsumsi daun pepaya tidak mudah digigit nyamuk, karena darah yang ada pada tubuh terasa pahit.

Untuk mengkonsumsi pepaya, dapat dilakukan dengan cara membuatnya sebagai jus. Tetapi jika cara ini terasa sangat susah. Bisa juga dengan menjadikannya lalapan dicampur dengan sayur lainnya, bisa juga dengan cara ditumis.

Sebelum diolah, jangan lupa mencuci daun pepaya secara bersih dengan air mengalir, agar getah yang keluar dari daun tidak menempel saat dimasak. Sebab, sensasi pahit pada daun lebih dikarenakan ada getah yang mengalir.

Baca Juga :   Bukan Hanya Indah, Memelihara Ikan Hias Punya Manfaat

Agar rasa pahitnya lebih tidak terasa, dapat juga dicoba dengan merebus daun pepaya beserta garam. Rebusan pertama dibuang kemudian direbus secara normal kedua kalinya.

Tetapi perlu siperhatikan, rasa pahit yang semakin berkurang tersebut dapat juga mengurangi khasiat yang terkandung dalam daun tersebut.

Selain untuk dikonsumsi, daun pepaya juga dapat dijadikan bahan pengempuk daging secara tradisional, yakni dengan membungkus daging dengan daun pepaya selama 5 sampai 7 menit. Cara ini dilakukan jika daging tersebut akan direbus.

Sementara jika untuk disate, sebaiknya menggunakan buah pepaya yang masih muda dengan cara menusukkan tusuk sate pada buah tersebut selama 5 menit untuk kemudian ditusukkan pada daging yang akan dibakar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.