Tanaman Vanili Terserang Hama Bekicot, Begini Cara Mudah Mengatasinya

oleh -5 views
vanili NTB
Tanaman Vanili - (Panennews.com/Istimewa)

Panennews.com – Tanaman vanili merupakan penghasil rempah-rempah termahal ke-2 di dunia. Namun sayangnya, jenis tanaman tersebut tidak luput dari serangan hama, yaitu hama bekicot.

Hama bekicot ini kerap menyerang tanaman vanili, biasanya hama tersebut menyerang pada bagian daun hingga batangnya. Bahkan, tak jarang juga hama tersebut menyerang pada buahnya.

Dampak vanili yang terkena hama tersebut biasanya dapat menurunkan produktivitas tanaman. Yang lebih parahnya lagi, hama bekicot bisa menyebabkan tanaman vanili mati secara mendadak.

Agar tidak terjadi hal demikian, hama bekicot yang menyerang tanaman vanili sebaiknya harus segera diatasi. Namun, sebagian orang tengah bertanya bagaimana cara mengatasi hama tersebut.

Baca Juga :   Tips Mudah Merawat Tanaman Hias Hanjuang Untuk Pemula

Cara mengatasi hama bekicot pada tanaman vanili ini pun cukup tergolong mudah. Dengan menyiapkan larutan air yang bercampur garam, siramkan air larutan garam tersebut pada vanili yang terkena bekicot.

Dengan begitu, hama bekicot ini berangsur-angsur akan hilang. Pasalnya, larutan air garam tersebut mengandung zat senyawa yang bekicot tidak menyukainya. Oleh sebab itu, bekicot hilang dengan sendirinya.

Selain itu, siramilah juga dengan menggunakan air bersih secara teratur. Penyiraman ini sebaiknya diberikan dalam kurun waktu sehari 2 kali, yaitu antara pagi hingga menjelang malam hari.

Baca Juga :   Tanaman Bunga Cempaka Putih yang Kaya Akan Manfaat

Lebih lanjut, penyiraman air bersih pada tanaman vanili biasanya dapat menetralisirkan hama berupa bekicot ini. Dengan begitu, tanaman vanili nantinya akan terbebas dari berbagai serangan hama.

Tak hanya itu, cara mengatasi hama bekicot pada tanaman vanili selanjutnya yaitu jagalah selalu kebersihan pada lingkungan dan areal tanam vanili. Mengingat, media tanam yang kotor tentunya dapat mengundang bekicot.

Oleh sebab itu, menjaga kebersihan pada media tanam vanili tentunya jadi salah satu cara dalam mengatasi hama bekicot yang menyerang tanaman vanili.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.