3 Jenis Hama Tanaman Durian, Begini Penyebab Hingga Gejalanya

oleh -9 views
Durian
Foto : Getty Images

Panennews.com – Memiliki cita rasa manis dengan wangi semerbak, tidak heran buah durian banyak digemari masyarakat baik kalangan muda maupun tua.

Oleh karena itu, tanaman buah durian ini banyak juga yang membudidayakannya. Dalam budidayanya, tanaman buah durian cukup rentan terhadap berbagai serangan hama. Adapun jenis hama yang menyerang tanaman durian diantaranya.

Ulat Daun

Jenis hama ini disebabkan karena serangan ulat terhadap daunnya, ulat tersebut menyerang dengan cara menggerogoti seluruh bagian daun. Adapun gejalanya, daun akan muncul lubang-lubang kecil hingga besar. Dari lubang tersebut sangat berpengaruh terhadap produktivitas tanaman durian. Oleh sebab itu, jenis hama ini harus diwaspadai semaksimal mungkin.

Baca Juga :   Ubi Kayu, Bahan Pangan Potensial yang Kaya Karbohidrat

Penggerek Batang

Hama ini kerap menyerang tanaman buah durian, jenis hama tersebut disebabkan karena adanya kumbang yang menggerogoti bagian permukaan batang hingga bagian ranting. Gejalanya, batang tersebut menjadi tidak kokoh hingga menyebabkan penurunan produktivitas. Selain itu, hama ini juga tentunya sangat menganggu produktivitas durian hingga menyebabkan gagal panen buah durian.

Kutu Putih

Sama seperti jenis tanaman lain, tanaman durian juga kerap terserang hama kutu putih. Hama ini disebabkan karena adanya bintik-bintik putih yang muncul pada permukaan daun, batang, hingga ranting. Namun, kebanyakan kutu putih menyerang tanaman hanya pada permukaan daunnya saja. Gejala yang ditimbulkan dari serangan hama ini yaitu daun akan menyebabkan bintik-bintik putih serta menyebabkan penurunan produktivitas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.