Tanaman Bunga Cempaka Putih yang Kaya Akan Manfaat

oleh -9 views
Cempaka Putih
Foto : Istockphoto

Panennews.com – Indonesia memiliki beragam flora yang indah. Salah satu tanaman indah yang tersebar di hampir tersebar di seluruh negeri ialah cempaka putih. Tumbuhan berbunga putih ini memiliki khas akan aromanya yang wangi. Banyak orang bahkan sudah lama membudi dayakan tanaman serba guna ini.

Bunga cempaka atau yang juga dikenal dengan nama latin Michelia alba terbilang serba guna. Masyarakat banyak memanfaatkan baik untuk kegiatan ritual, hiasan maupun sesajen. Beberapa dari Anda juga memanggil bunga ini dengan nama bunga kantil.

Baca Juga :   Jamur Portobello, Daging Jamur Cita Rasa Lezat

Ciri dari bunga kantil ialah tinggi batang tumbuhannya yang dapat mencapai 30 meter. Tak mengherankan mengingat tumbuhan ini memiliki kayu yang kuat. Tangkai daun cempaka putih agak panjang hampir menutupi daunnya. Ciri utama bunga ini tentu pada aroma harum bunganya.

Lebih jauh, tanaman bunga kantil dapat menghasilkan bunga yang cukup banyak. Mengingat pohonnya yang agak besar membuat Anda dapat memetik sekaligus dalam jumlah banyak. Tanaman ini bisa tumbuh subur di daerah beriklim tropis dataran rendah.

Baca Juga :   4 Jenis Produk Teh Yang Ada Di Indonesia, Apa Saja Itu?

Habitatnya yang mudah tumbuh di dataran rendah iklim tropis membuat tanaman ini tersebar di berbagai wilayah Indonesia. Di Jawa Tengah sendiri mudah sekali menemukan bunga wangi ini. Masyarakat juga bisa memanfaatkannya sebagai obat herbal tradisional.

Itulah informasi singkat mengenai tanaman bunga cempaka putih. Manfaatnya yang banyak membuat masyarakat sering memanfaatkannya. Apalagi tanaman ini mudah ditemui, hal itu tentu menjadi keuntungan tersendiri.

Komentar