Pohon Damar, Getahnya Bermanfaat Jadi Bahan Baku Pelapis Kertas

oleh -3 views
istockphoto-1308973235-612x612
Ilustrasi Pohon Damara, Foto : Istockphoto

Panennews.com – Pohon damar merupakan salah satu jenis pohon besar yang tumbuh subur pada wilayah iklim tropis. Keberadaan pohon ini kerap dijumpai pada ketinggian mencapai 300 – 1000 mdpl.

Jenis pohon tersebut memiliki nama Ilmiah Agathis Damara yang masih tergabung ke dalam suku famili dari Araucariaceae. Pohon ini dengan sejumlah bagiannya cenderung memiliki banyak manfaat.

Secara morfologi, pohon damar tumbuh tinggi hingga mencapai ukuran berkisar antara 55 meter. Batangnya cenderung lurus dengan bentuk silindris, ukuran diameter batangnya mencapai 1,5 meter.

Lebih lanjut, batangnya berwarna abu cenderung kemerahan bahkan ada juga yang berwarna hitam. Pada permukaan depannya, batang tersebut dapat mengelupas dalam bentuk berupa kepingan.

Baca Juga :   Ketahui Daerah Ini Penghasil Kayu Jati Terbesar Di Indonesia

Selain itu, pohon damar juga mempunyai daun yang tumbuh pada batang hingga rantingnya. Daun tersebut berbentuk bulat memanjang, biasanya ujung dari daun tersebut cenderung runcing.

Adapun warna dari daun pohon damar yaitu hijau tua jika terdapat pada daun pada usia tua, sedangkan daun pada usia muda biasanya mempunyai warna hijau muda cenderung menguning.

Lebih jauh, antara daun hingga batangnya pohon damar ini memiliki bunga yang bersifat jantan dan betina. Bunga tersebut tumbuh secara subur pada musim kemarau maupun musim penghujan.

Baca Juga :   Bisa Gagal Panen, Ketahui Penyebab Daun Tanaman Tomat Menguning

Di sisi lain, bunga dan daun dari pohon damar ini menghasilkan getah yang cukup lumayan banyak. Bagi kebanyakan orang mengenal getah tersebut dengan sebutan kopal.

Adapun getah tersebut bersifat perekat dan cukup memiliki sifat sebagai penempel yang handal seperti lem. Bahkan karena sifat yang perekat, sebagian orang tengah memanfaatkannya sebagai lem untuk menempel apa saja.

Tak hanya itu, getah dari pohon damar ini pun mempunyai manfaat untuk industri kertas. Pasalnya, sifat perekat dari getah pohon damar ini banyak digunakan sebagai bahan baku perekat dan pelapis kertas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.