Tak Ada Hujan, Jadi Penyebab Kekeringan Lahan Padi Di Kabupaten Blora

oleh -8 views
ilustrasi sawah kering
Ilustrasi Lahan Pertanian yang Kekeringan - Foto : Pexels

Panennews.com – Kepala Bidang Tanaman Pangan, Hortikultura, Perkebunan dan Peternakan (TPHPP) Dinas Pangan Pertanian Peternakan dan Perikanan Blora drh. Rosalia Diah Erawati menyampaikan laporan insidentil kekeringan komoditas padi di wilayah Kabupaten Blora.

“Ini untuk komoditas padi. Dari laporan insidentil kekeringan, penyebabnya tidak ada hujan, sumber air dekat pertanaman habis, saluran irigasi dari bendungan sudah tidak mengalirkan air, namun beberapa lahan masih mengusahakan pengairan dari sungai kecil yang letaknya relatif jauh dari lokasi pertanaman, sedangkan air di sungai tersebut semakin berkurang volumenya, hampir habis. Selain itu beberapa lahan merupakah tadah hujan,” jelasnya, di Blora, Jumat (31/05/2024).

Berdasarkan laporan insidentil kekeringan per 31 Mei 2024, ada puluhan desa dari 14 Kecamatan yang mengalami kekeringan untuk komoditas padi.

Yaitu, Desa Janjang Kecamatan Jiken. Desa Plosorejo, Desa Bekutuk, Desa Pilang Kecamatan Randublatung. Desa Seso, Desa Balong, Desa Geneng, Desa Sumurboto, Desa Bangsri dan Desa Brumbung, Kecamatan Jepon.

Baca Juga :   Akibat Cuaca Buruk, Harga Sejumlah Komoditas Sayuran Naik Di Magelang

Kemudian, Desa Gedongsari, Desa Sidomulyo, Desa Sidomulyo, Desa Mojowetan, Desa Sendanggayam, dan Desa Bacem Kecamatan Banjarejo. Desa Gunungan dan Desa Cokrowati, Kecamatan Todanan.

Selanjutnya, Desa Nglangitan, Desa Keser, Desa Sitirejo, Desa Kedungrejo, Desa Gempolrejo, Desa Sambongrejo, Desa Tutup dan Desa Tamanrejo Kecamatan Tunjungan.

Lebih lanjut, Desa Kedungwaru dan Desa Bejirejo Kecamatan Kunduran. Desa Berbak, Desa Sarimulyo, Desa Wantilgung dan Desa Kendayaan Kecamatan Ngawen. Kelurahan Karangboyo dan Kelurahan Ngroto Kecamatan Cepu.

Berikutnya, Kelurahan Mlangsen, Desa Andongrejo, Desa Jepangrejo dan Desa Tempuran Kecamatan Blora. Desa Pojokwatu, Desa Gagakan, Desa Temengeng Kecamatan Sambong.

Terlebih, Desa Pengkolrejo, Desa Padaan dan Desa Ngrambitan Kecamatan Japah. Desa Tobo dan Desa Randulawang Kecamatan Jati.

Baca Juga :   Target Swasembada Gula 2028, Komisi VI : Perbaiki Tata Kelola Pertanian

Petani di wiliyah tersebut menanam padi dengan aneka varietas, seperti NK 212, M70, Inpari 32, Mekongga, Mapan, Ciherang, IR64, M70D, Cakra Buana, Ketan, Supadu dan Kolosebo.

Adapun umur tanaman berkisar 20 hingga 60 hari dengan luas 5 sampai dengan 192 hektar. DP4 Blora telah melakukan upaya penanganan di antaranya pompanisasi menunggu hujan.

Sementara itu, Surat salah seorang petani asal Desa Balong Kecamatan Jepon mengungkapkan harapan dapat menikmati hasil tanam kedua sepertinya harus sirna.

Hal ini karena tanaman padi miliknya yang baru berusia satu bulan sudah tidak akan mampu tumbuh normal. Surat memilih mencabuti tanaman padinya untuk dijadikan pakan ternak.

“Rencananya diganti tanam kacang hijau dan jagung, dan kami pun berharap pemerintah segera memberikan perhatiannya terhadap wilayah kami yang dilanda kekeringan ini” ucapnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.