Mengenal Daun Dadap, Mulai Dari Ciri Hingga Berbagai Khasiatnya

oleh -112 views
green nature and healthy Erythrina variegata leaves for medicine
Ilustrasi Daun Dadap, Foto : Istockphoto

Panennews.com – Dadap merupakan salah satu jenis pohon yang tumbuh secara subur pada wilayah iklim tropis. Jenis pohon yang satu ini biasanya dapat tumbuh pada dataran rendah maupun tinggi.

Pohon iklim tropis ini memiliki nama Ilmiah Erythrina Variegata yang masih tergabung ke dalam suku famili dari Fabaceae. Bagian dari pohon ini memiliki banyak khasiat bagi pengobatan dan kesehatan.

Secara morfologi, pohon dadap dapat tumbuh tinggi menjulang hingga mencapai ukuran panjang kisaran antara 15 – 20 meter. Batangnya berwarna cokelat tua dengan tekstur halus dan permukaan belakang kasar.

Adapun batang tersebut memiliki sejumlah ranting yang terdapat daun berwarna hijau. Daun dadap ini bersifat majemuk dan beranak daun 3, biasanya bentuk daun dadap itu sendiri yaitu bulat telor.

Baca Juga :   Daun Beluntas, Tumbuhan Yang Menangkal Radikal Bebas

Lebih lanjut, ukuran panjang daun dadap biasanya berkisar antara 10 – 30 cm. Sedangkan lebar daun dadap bisa mencapai ukuran berkisar antara 5 – 9 cm, dengan ujungnya yang cenderung lancip.

Selain itu, pohon dadap juga mempunyai bunga yang tumbuh berseling diantara ranting hingga daunnya. Bunga ini tersusun rapi dengan bentuknya mengerucut ke samping.

Adapun warna bunga dadap ini pun cukup bervariasi. Pada musim penghujan, biasanya bunga tersebut memiliki warna merah. Sedangkan masuk musim kemarau, bunga ini memiliki warna jingga.

Baca Juga :   Jarang Yang Tahu, Ini Jenis Daun Yang Bisa Menyembuhkan Luka

Sementara itu, pohon ini digunakan sebagian orang untuk menjadi pohon peneduh. Terlepas dari itu, tak jarang pohon dengan daunnya ini pun memiliki banyak khasiat untuk masalah kesehatan.

Pasalnya, daun dadap ini mengandung nutrisi aktif berupa antioksidan yang bersifat anti imflamasi. Karena kandungan antioksidannya ini dapat berkhasiat sebagai penurun demam yang tinggi.

Tak hanya itu, daun dadap yang tinggi akan kandungan antioksidannya juga cukup berkhasiat sebagai penyembuh berbagai jenis luka. Bahkan, daun dadap pun cukup berkhasiat untuk mencegah kanker.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.