BRIN Kembangkan Mesin Inovasi Pengolahan Sorgum Terintegrasi

oleh -6 views
Sorgum
Dok. Kementan

Panennews.com – Sorgum merupakan tanaman serealia yang kaya manfaat, kini semakin dilirik sebagai alternatif pangan, pakan, dan energi.

Potensi ini diperkuat dengan pengembangan mesin-mesin pengolahan sorgum yang tepat dan efisien. Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) melalui Pusat Riset Teknologi Tepat Guna (PRTTG) mengembangkan mesin pengolahan sorgum terintegrasi untuk meningkatkan nilai guna tanaman sorgum.

Mesin ini didesain untuk memproses seluruh bagian tanaman sorgum, mulai dari biji, batang, hingga daun, secara optimal dan efisien.

Menurut Ana Nurhasanah, Perekayasa Ahli Utama PRTTG BRIN, sorgum memiliki keunggulan karena semua komponennya dapat dimanfaatkan.

Biji sorgum dapat diolah menjadi pakan unggas, dengan hasil panen mencapai 3000-4000 kg per hektar per musim. Sementara batang dan daunnya dapat diolah menjadi silase pakan ruminansia, menghasilkan 35-40 ton per hektar per musim.

Baca Juga :   Mengenal Tentang Keuntungan Budidaya Ikan dengan Ember

“Pengolahan pascapanen yang tepat menjadi kunci untuk memaksimalkan potensi sorgum. Mesin-mesin pengolahan dengan kapasitas yang sesuai dan mampu memproses sorgum kadar air tinggi secara terintegrasi dan optimal sangat dibutuhkan.” ujar Ana, Selasa (25/06/2024).

Pengembangan mesin-mesin pengolahan sorgum ini merupakan hasil kerjasama antara PRTTG BRIN, kelompok tani sorgum Margo Santoso, dan CV Adi Setia Utama Jaya. Konfigurasi mesin-mesin ini dirancang untuk menghasilkan pengolahan yang efisien dan ekonomis.

“Informasi tentang sifat fisik dan mekanik tanaman sorgum sangat penting untuk merancang mesin pengolahan yang tepat,” kata Ana.

“Pengetahuan ini membantu meningkatkan teknologi pengolahan pascapanen sorgum, seperti pembersihan, penyortiran, transportasi, ventilasi, pengeringan, dan penyimpanan.”

Baca Juga :   Dengan Teknologi IoT, Mahasiswa UB Kembangkan Mesin Pengering Bunga Telang

Saat ini, prototipe mesin-mesin pengolahan pakan sorgum telah dibuat dan siap diimplementasikan. Diharapkan mesin ini dapat bermanfaat bagi kelompok tani sorgum, industri pengolahan sorgum, dan industri alat mesin pengolahan sorgum.

Sementara itu, Bupati Jember bahkan berencana untuk mereplikasi alat ini di daerahnya. Hal ini menunjukkan besarnya potensi sorgum dan mesin pengolahannya dalam mendukung ketahanan pangan dan kemandirian energi nasional.

“Pengembangan mesin pengolahan sorgum terintegrasi oleh BRIN merupakan langkah penting untuk meningkatkan pemanfaatan tanaman sorgum di Indonesia. Mesin-mesin ini diharapkan dapat membantu petani sorgum untuk meningkatkan pendapatan mereka dan mendukung pengembangan industri pengolahan sorgum di Indonesia” tutupnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.