Bapanas : Harga Beras Dan Gula Pasir Sudah Turun Di Kota Balikpapan

oleh -12 views
berita-3182022
Ilustrasi Gula Konsumsi, Foto : Dok. Perum Bulog

Panennews.com – Badan Pangan Nasional/National Food Agency (NFA) memastikan ketercukupan pangan di Kota Balikpapan, Kalimantan Timur.

Rata-rata harga pangan stabil dan penyaluran bantuan pangan beras 1.600 ton/bulan berjalan lancar.

Direktur Stabilisasi Pasokan dan Harga Pangan NFA Maino Dwi Hartono melaporkan sebagian besar harga bahan pangan stabil, bahkan beberapa mengalami penurunan. Sementara stok beras Perum Bulog, cukup untuk memenuhi kebutuhan pemerintah.

“Meskipun sebagian bahan pangan dipasok dari Jawa dan Sulawesi, secara garis besar harganya sudah stabil. Harga beras dan gula pasir sudah turun, yang kurang hanya pasokan Minyakita, terbatas bahkan kadang habis terjual,” ungkapnya dalam pemantauan di Pasar Pandansari dan Gudang Perum Bulog Klandasan Ilir Kota Balikpapan, Senin (10/06/2024).

Baca Juga :   Cegah Daging Gelonggongan, Pemkot Surabaya Temukan Pengiriman Daging Tanpa Surat

Dari pemantauan tersebut didapati harga Beras SPHP Rp13.100/kg mengacu HET, beras termurah Rp13.500/kg (turun Rp500-1.000/kg), minyak goreng Rp16.500/liter, gula pasir curah Rp18.000/kg (turun Rp400/kg).

Lebih lanjut, telur ayam Rp30.000-32.000/kg, daging ayam Rp 37.500/kg, daging sapi segar Rp150.000/kg, daging sapi beku Rp115-120.000/kg, serta produk hortiktura Rp40.000/kg (CRM, CMK, bawang merah, dan bawang putih).

Sementara itu, stok CBP di Gudang Bulog berjumlah 700 ton dan GPM secara rutin dilaksanakan tiga kali seminggu.

“Kami berharap dengan menurunnya harga beras dan gula pasir di Balikpapan, ini bertanda baik. Ke depannya, semoga harga-harga di seluruh daerah Indonesia terjaga dengan baik” tutupnya.

Baca Juga :   Banyak Dikirim ke Luar Daerah Jadi Penyebab Harga Cabe Tinggi

Turut hadir mendampingi Direktur SPHP Badan Pangan Nasional/National Food Agency (NFA) antara lain Kepala Pasar Pandansari, Pimwil Bulog Kaltim, Dinas Pangan Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Kaltim, dan Dinas Pangan, Pertanian dan Perikanan Kota Balikpapan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.