Cocok Bagi Pemula, Begini Cara Merawat Ikan Botia Di Akuarium Kecil

oleh -10 views
Ikan Botia
Foto : Shutterstock

Panennews.com – Ikan botia merupakan spesies ikan hias cantik dengan tampilan yang sangat menawan. Jenis ikan tersebut khas Indonesia yang keberadaannya cukup menghiasi Pulau Kalimantan dan Sumatera.

Tampilannya yang unik, ikan hias ini sangat cocok dipelihara pada akuarium ukuran kecil. Meski begitu, dibutuhkan cara perawatan yang intens agar ikan tersebut semakin indah dan tahan hidup dalam jangka waktu lama.

Adapun cara merawat ikan tersebut pada akuarium ukuran kecil, salah satunya dengan memberinya filter air pada akuarium. Pada dasarnya, pemberian filter ini dilakukan agar air selalu jernih dan tidak kotor.

Baca Juga :   Nilai Ekspor Perikanan Tumbuh 10 Persen Di Tahun 2022

Dengan begitu, ikan hias botia dalam akuarium kecil dengan penambahan filter air bisa hidup secara normal. Tidak terganggu akan air yang kotor, dan juga terhindar dari segala serangan jenis hama penyakit.

Mengingat, akuarium kecil begitu rentan terhadap air yang kotor serta banyaknya serangan jenis penyakit. Oleh sebab itu, pemberian filter termasuk sebagai cara untuk merawat ikan hias botia ini.

Sementara itu, atur pH dalam air yang cenderung normal. Biasanya kadar pH air yang normal tentunya akan meningkatkan produktivitas ikan botia dalam akuarium kecil.

Lebih jauh, adapun pH air yang normal dalam akuarium kecil untuk ikan botia yaitu berkisar antara 5.0 ppm. Di sisi lain, ikan botia ini pun cenderung cocok dengan suhu air berkisar antara 24 – 28 derajat celcius.

Baca Juga :   Integrated Farming, Bisa Tingkatkan Efisiensi Di Sektor Peternakan

Selain itu, perawatannya juga harus memberikan pakan botia dengan kandungan gizi seimbang. Biasanya pakan yang disukai ikan botia meliputi pelet, kutu air, hingga cacing yang bersifat alami.

Lebih lanjut, biasanya pakan tersebut memiliki kandungan gizi seimbang. Manfaatnya, pakan ini mampu mendongkrak produktivitas ikan botia. Oleh karena itu, pemberian pakan ini harus dilakukan secara intens.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.