Petai Cina, Tumbuhan Kecil Dengan Rasa Unik

oleh -6 views
Petai Cina
Foto : Istockphoto

Panennews.com – Jika menyebutnya sebagai petai cina, mungkin banyak orang yang tidak tahu tumbuhan ini. Namun jika menyebutnya dengan nama lamtoro, maka semua orang pasti mengetahuinya. Tumbuhan ini memiliki rasa yang unik dan sering kali dijadikan campuran olahan makanan sejenis botok.

Masuk dalam marga polong-polongan membuatnya memiliki bentuk yang mirip seperti kacang, tetapi lebih tipis. Nama ilmiahnya adalah Leucaena leucocephala karena masuk ke dalam genus leucaena. Tumbuhan ini hidup dengan banyak fungsi yang cukup unik.

Petai cina merupakan tumbuhan yang batangnya sangat pendek dan tipis. Bentuk daunnya menyirap rangkap dengan ukuran kecil-kecil mirip seperti isinya. Hal yang cukup menarik dari tumbuhan ini adalah memiliki bunga yang bentuknya mirip seperti buah karena bulat dan tampak berisi.

Baca Juga :   Tips Mengatasi Hama Tikus Pada Tanaman Padi

Mulai dari perawatan hingga masa panen, tumbuhan ini memiliki cara dan proses yang cukup cepat. Dalam waktu 2-3 bulan sekali, panen bisa dilakukan dan ditandai dengan bentuk buahnya yang mulai kecoklatan dan tampak mengering. Pada masa itu, buah akan mengelupas dengan sendirinya.

Orang yang tertarik untuk membudidayakan tumbuhan ini terbilang cukup banyak. Hal ini karena selain caranya yang mudah, keuntungan yang dihasilkan juga cukup banyak. Tumbuhan ini hanya membutuhkan lahan yang gembur dan terawat untuk bisa tumbuh dengan subur.

Baca Juga :   Mengenal Beras Organik dan Manfaatnya Bagi Kesehatan

Selama ini, orang-orang memanfaatkan petai cina sebagai bahan makanan. Hal tersebut menjadikan banyak petani yang berusaha membudidayakannya dengan baik. Namun pada dasarnya proses pembudidayaan tumbuhan satu ini sudah sangat mudah dan tersebar ke berbagai daerah.

Komentar