Begini Cara Mudah Menanam Kangkung Darat Agar Tumbuh Maksimal

oleh -3 views
Ilustrasi Tanaman Kangkung
Ilustrasi Tanaman Kangkung - Foto : Dok. Kementan

Panennews.com – Olahan makanan dari kangkung memang cukup populer. Selain rasanya lezat, jenis sayuran hijau ini mengandung banyak nutrisi untuk tubuh.

Salah satu yang dapat tumbuh subur di Indonesia adalah jenis kangkung darat. Sebagian petani di Indonesia sudah sejak lama menanam jenis ini. Selain mudah dalam hal penanamannya, kangkung darat juga dapat tumbuh subur dengan perawatan yang tidak rumit.

Di lansir dari laman Kementerian Pertanian, BPP Kecamatan Pulubala, Abdul Samad Kamaru menjelaskan bahwa untuk mendapatkan kangkung darat dengan hasil yang maksimal maka tanaman kangkung harus mendapatkan terik sinar matahari yang bagus, dan air yang cukup.

Sementara itu lahan yang harus dipersiapkan sebaiknya juga di area persawahan. Area ini cukup baik karena menunjang sinar matahari dan pengarian yang cukup.

Baca Juga :   Jarang Dilirik, Potensi Besar Jewawut Sebagai Sumber Pangan Nasional

Sebelum tunas mulai ditanam lahan diberikan pupuk terlebih dahulu. Jenis pupuk kandang bisa menjadi pilihan terbaik. Pemberian pupuk ini minimal 4 hari sebelum mulai menanam benih kangkung itu sendiri.

Lebih lanjut Abdul menjelaskan bahwa teknik penanaman kangkung darat sebaiknya tidak menggunakan teknik tebar, melainkan dengan teknik tunggal. Karena kerapatan dan keteraturan cukup penting dalam proses penanamannya.

Maksimal jarak tanam antar benik berkisar 5 – 6 cm. Walaupun proses pengerjaannya memakan waktu, tetapi hasilnya akan lebih maksimal.

Proses perawatan dari tanaman ini yaitu dengan cara penyiraman. Saat musim kemarau sebaiknya dilakukan setiap hari. Sedangkan saat musim hujan, maka pengontrolan air sangat dianjukan. Jangan sampai tanaman ini terendam yang akhirnya bisa menguning, layu, dan mati.

Baca Juga :   Pemerintah Keluarkan Kebijakan Pupuk Bersubsidi Bagi Kelompok Tani

Selain itu, untuk mengusir hama dapat menggunakan obat pembasmi hama seperti Sevin. Adapun untuk mengusir jenis ulat daun dapat menggunakan Insektisida Diazinon 60 EC.

Masa panen dari kangkung darat ini berkisar 30 – 40 hari. Dengan cara proses pemetikan daunnya, maka jenis kangkung darat sebenarnya membutuhkan sekitar 5 – 7 hari untuk dapat dipanen kembali. Bahkan sekali tanam kangkung ini bisa dipanen sampai dengan tiga kali pemanenan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *