Harga Gabah Kering Ditingkat Petani Tertinggi Di Aceh Timur

oleh -4 views
Dok. Kementan
Dok. Kementan

Panennews.com – Harga Gabah Kering (GKP) di tingkat petani paling tinggi terjadi di Aceh Timur sebesar Rp6.900 per kilogram (kg). Sementara harga GKP petani terendah di Kabupaten Pidie, sebesar Rp5.250 per kg.

Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Aceh, Ahmadriswan Nasution menyebut, harga GKP dilakukan pemantauan di daerah Aceh Timur, Pidie, Bireuen, Aceh Utara, Aceh Barat Daya, Nagan Raya, dan Pidie Jaya.

“Harga gabah kering petani tercatat tertinggi di tingkat petani di Aceh Timur dan terendah di Pidie,” ujar Ahmadriswan, Senin (06/05/2024).

Ahdmad Riswan mengatakan, pada April 2024 terjadi penurunan harga sebesar 6,18 persen, di mana harga rata-rata gabah kering panen di tingkat petani menjadi Rp5.967 per kg.

Baca Juga :   30 Persen Petani di Pati Belum Ambil Jatah Pupuk Bersubsidi

“Begitu juga rata-rata harga di tingkat penggilingan, terjadi penurunan sebesar 5,53 persen, menjadi Rp6.128 per kilogram,” ujar dia.

Selain itu, BPS Aceh juga mencatat hasil pemantauan survei harga dibeberapa daerah pada April 2024, diperoleh Nilai Tukar Petani (NTP) sebesar 144,66 atau mengalami penurunan sebesar 1,48 persen dibandingkan Maret 2024.

“Hal ini disebabkan karena ada penurunan NTP pada sub sektor tanaman pangan, holtikultura dan perikanan,” sebutnya.

Menurutnya, sebelumnya NTP nasional berada pada angka 116,79 atau mengalami penurunan sebesar 2,18 persen. Artinya, kata dia, secara nasional trend-nya juga menurun.

Baca Juga :   Komoditas Cabe Sukabumi Siap Penuhi Stok Di Bulan Ramadhan

Dia menjelaskan, indeks harga yang diterima petani pada April 2024 sebesar 134,28. Indeks ini mengalami penurunan sebesar 1,16 persen bila dibandingkan bulan sebelumnya.

“Komoditas utama yang menjadi penyumbang penurunan indeks harga yang diterima petani adalah gabah, jagung, dan cabai rawit,” tuturnya.

Sementara itu, indeks harga yang dibayar petani sebesar 117,12 atau mengalami kenaikan sebesar 0,33 persen dibanding periode sebelumnya.

“Komoditas utama yang menyumbang indeks harga bayar petani adalah bawang merah, emas perhiasan dan gula pasir,” katanya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.