Komisi XI : Inflasi Sektor Pangan Harus Diwaspadai Dan Dicermati

oleh -9 views
Anggota_Komisi_XI_DPR_RI_Marinus_Gea_saat_memimpin_pertemuan_Komisi_XI_DPR_RI_dengan_jajaran_Bank_In20240304092555
Anggota Komisi XI DPR RI, Foto : Nadya/nr

Panennews.com – Anggota Komisi XI DPR RI Marinus Gea menyatakan kekhawatirannya terhadap inflasi di sektor pangan.

Dimana sesuai dengan paparan Bank Indonesia Provinsi Kepulauan Riau, per-Januari hingga Februari 2024 inflasi di sektor pangan sudah mencapai 8,47 persen, hal ini patut diwaspadai dan dicermati bersama.

“Walaupun memang ada informasi mengatakan bahwa, ada kita sedang melakukan import beras hari ini untuk menjaga ketersediaan bahan pangan di bulan puasa dan lebaran, karena sangat khawatir sekali kalau di Februari sudah mencapai 8,47 persen, maka tidak menutup kemungkinan akan menjadi lebih naik lagi di bulan Maret dan juga menuju April, karena nanti lebarannya di bulan April dan bahkan bisa sampai ke akhir April,” katanya kepada Parlementaria di Batam, Kepri, Kamis (07/03/2024).

Baca Juga :   CSR Pertamina Hulu Mahakam Adopsi Model Pekarangan Pangan Lestari

Selain itu, Marinus Gea juga menilai, dengan adanya persiapan untuk menyediakan ketersediaan pangan jelang bulan Ramadan dan Idul Fitri 2024.

Lebih lanjut, realita di lapangannya harga-harga komoditas pangan di pasaran terus melonjak, hal ini bertolak belakang dengan apa yang disampaikan oleh Pemerintah, dimana pasokan di lapangan dengan harga yang beredar di lapangan sangat jauh dari keterangan Pemerintah.

“Tadi saya sudah menyampaikan bahwa hari ini harga beras premium itu di Kepri sendiri itu 17 ribu, di pulau jawa 20 ribu, dan bahkan juga sudah ada yang mulai melakukan kenaikan harga di luar harga pasar sampai ke 30ribu, ini akan terjadi inflasi yang lebih tinggi lagi, oleh karena itu kita mendorong Bank Indonesia (BI) berkoordinasi dengan instansi-instansi terkait,termasuk instansi yang bertanggung jawab soal pasokan-pasokan tadi dapat bersinergi mengantisipasi persoalan kekurangan ketersediaan bahan pokok itu di bulan puasa dan bulan lebaran tadi,” tandasnya.

Baca Juga :   BI Optimis Konsumen Bali Meningkat

Sementara Politisi ini juga menyatakan, bahwa upaya Bank Indonesia dalam menekan inflasi di sektor pangan dengan memberikan bantuan Alsintan atau alat dan mesin pertanian dan sebagainya kepada pelaku usaha pertanian, sangatlah bersifat relatif untuk dinyatakan cukup membantu menekan atau tidak.

“BI sendiri hanya bagian kecil dari koordinasi dari seluruh sektor yang terlibat, sektor pemasoknya, sektor yang bertanggung jawab untuk itu, itu memiliki peran yang sangat strategis, sektor produksi inikan BI hanya memberikan stimulan,memberikan dorongan, memberikan semangat untuk bisa persoalan ini bisa teratasi, baik dari sisi produksi, maupun dari sisi pasokan,” ungkapnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.