Kepiting Bakau Asal Tarakan, Siap Tembus Pasar Ekspor Malaysia

oleh -12 views
KKP Perluas Pasar Ekspor Kepiting Bakau Maluku ke Pasar Asean
Foto : Dok. KKP

Panennews.com – Sebagai wilayah pesisir yang memiliki sumber daya yang melimpah, Tarakan mempunyai berbagai sumber daya hasil perikanan yang mampu menembus pasar ekspor.

Kepiting Bakau menjadi salah satu komoditas perikanan dengan ekspor unggulan yang banyak dikirimkan menuju Malaysia.

Kali ini, Pejabat Karantina Kalimantan Utara melalui Satuan Pelayanan Bandara Juwata Tarakan melakukan pemeriksaan terhadap 12.080 Ekor Kepiting Bakau tujuan Malaysia, Kamis (07/03/2024).

Sasmaramis, Pejabat Karantina bertugas menyampaikan pemeriksaan yang dilakukan berupa pemeriksaan fisik secara visual guna mendeteksi gejala adanya paparan Hama Penyakit Ikan Karantina (HPIK).

Baca Juga :   Hebat! Kini Kopi Lokal Bisa Tembus Pasar Eropa

“Dengan menerapkan prosedur yang ketat, pemeriksaan fisik dilakukan untuk memastikan komoditas memiliki kualitas yang baik dan bebas dari HPIK, sehingga bisa kami terbitkan sertifikat kesehatan karantina,” Ujar Sasmaramis.

Menurut data IQFAST jumlah ekspor Kepiting Bakau Hidup sepanjang tahun 2023 mencapai 16,168,735 Ekor dengan Jumlah Frekuensi pengiriman mencapai 1676.

Sementara itu, selama periode Januari sampai Februari 2024 ekspor Kepiting Bakau Hidup menuju Malaysia sebanyak 2,370,720 dengan Jumlah Frekuensi pengiriman sebanyak 153.

Lebih jauh, Syahrani selaku Ketua Tim Karantina Ikan, Karantina Kalimantan Utara, mengungkapkan dengan melihat tingginya lalulintas Kepiting Bakau, standar operasional prosedur yang dilakukan dalam pemeriksaan harus sangat ketat.

Baca Juga :   Tembus Pasar Internasional, Indonesia Ekspor Lagi Ayam Beku Ke Singapura

“Pemeriksaan yang dilakukan merupakan bentuk pencegahan penyebaran Hama Penyakit Ikan Karantina (HPIK), selain itu dalam pemeriksaan juga bisa melihat kondisi dan kualitas komoditas yang di ekspor,” tutup Syahrani.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.