Karantina Pastikan Aman, Ikan Beku Asal Jaktim Siap Jadi Sushi

oleh -10 views
60afefab453af07b5bd058e09ffcbe47
Foto : Dok. Barantan

Panennews.com – Petugas Satuan Pelayanan Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II, Karantina Sumatera Selatan memeriksa puluhan kilogram ikan salmon beku, udang windu beku, dan ikan tuna beku, Sabtu (16/03/2024).

Terdiri dari 50 kilogram ikan salmon beku, 5 kilogram udang windu beku, dan 10 kilogram ikan tuna beku asal Jakarta Timur.

“Pemasukan komoditas perikanan ini kami periksa kelengkapan dokumen karantina (health certificate), kesesuaian dokumen, dan keabsahan dokumen sebelum diperbolehkan masuk wilayah Sumsel,” ujar Rina Rahayu, Teknisi Pengendali Hama dan Penyakit ikan yang bertugas.

Baca Juga :   Menteri Trenggono: Tambak Udang KKP di Aceh Timur Ciptakan Multiplier Effect

Kepala Karantina Sumatera Selatan, Kostan Manalu, mengatakan komoditas perikanan ikan dan udang beku tersebut akan diolah kembali.

Pentingnya peran karantina untuk memeriksa dan memastikan komoditas yang masuk bebas dari hama penyakit dan aman untuk dikonsumsi.

Terlebih, komoditas tersebut nantinya akan di konsumsi oleh berbagai golongan masyarakat dan siap diolah menjadi kudapan sushi, adapun sushi ini merupakan kudapan yang populer dikalangan masyarakat.

“Terutama yang akan menjadi konsumsi masyarakat, seperti ikan dan udang beku ini yang nantinya diolah menjadi sushi,” jelas Kostan.

Baca Juga :   Permintaan Tinggi, Sleman Luncurkan Inovasi Budidaya Ikan Nila Merah

Komitmen Karantina Sumatera Selatan menjaga keamanan produk perikanan terus dilakukan dengan pengawasan ketat. Seperti pengawasan oleh petugas karantina di Bandara dan Pelabuhan yang ada di Sumatera Selatan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.