Tips Mudah Memilih Ikan Konsumsi Yang Segar

oleh -298 views
mackerel-with-lemon-white-background_181303-1886
Foto : Freepik

Panennews.com – Ikan merupakan salah satu bahan pangan yang kaya akan kandungan nutrisi dan gizinya tergolong lengkap. Oleh karena itu, ikan tentunya sangat baik untuk dikonsumsi oleh masyarakat luas khususnya di Indonesia.

Dengan demikian, ikan pun harus terlihat segar untuk lebih menyehatkan jika dikonsumsi. Namun, dalam memilih ikan segar diperlukan beberapa tips yang sangat jarang orang mengetahuinya, adapun tips dalam memilih ikan segar tersebut diantaranya.

Mata Yang Jernih

Salah satu tips memilih ikan konsumsi yang segar yaitu pilih dengan mata yang jernih, biasanya mata ikan nampak terang dan jernih dengan ditandai warna hitam pada bagian tengahnya. Selain itu, mata ikan pun harus terlihat warna putih kekuningan, bukan warna putih kemerahan.

Baca Juga :   Upaya Penguatan Produk Perikanan, KKP Gandeng KTNA

Warna Kulit Terang

Ikan konsumsi dengan warna kulitnya yang terang dapat ditandai sebagai ikan yang segar. Pasalnya, ikan yang berkualitas tentunya memiliki warna kulit terang dan juga tidak gelap. Selain itu, sisiknya pun masih menempel kuat dengan tubuh ikan, sehingga dengan begitu ikan dinilai segar. Oleh karena itu, pilih ikan konsumsi dengan warna kulit yang terang.

Lihat Insang

Tips dalam memilih ikan konsumsi yang segar selanjutnya yaitu dengan melihat insang pada ikan, biasanya ikan segar memiliki insang yang berwarna merah terang. Hal tersebut menandakan ikan tersebut masih segar, maka pilihlah ikan dengan insang berwarna merah terang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.