Jelang Puasa, Harga Daging Ayam Dan Telur Di Batang Melonjak Naik

oleh -8 views
ilustrasi daging ayam
Ilsutrasi Daging Ayam - Foto : Pexels

Panennews.com – Sepekan menjelang bulan suci Ramadhan atau bulan puasa, harga ayam potong dan telur terus melambung hingga menyentuh Rp42 ribu dan Rp31 ribu per-kilogramnya.

Adapun salah satu penyebab utamanya yaitu harga pakan ayam potong yang terus meroket.

Pedagang ayam potong, Santoso mengaku kenaikan harga ayam potong terjadi sejak pertengahan Februari lalu, mulai Rp38 ribu hingga melonjak menjadi Rp42 ribu per kilogramnya.

“Konsumen tentu banyak yang mengeluh, karena Kenaikan yang terjadi hampir setiap hari,” katanya, saat ditemui di kiosnya, Pasar Batang, Kabupaten Batang, Senin (04/03/2024).

Baca Juga :   Pemprov NTB Gaungkan Program Keanekaragaman Konsumsi Pangan

Para pedagang memperkirakan harga ayam potong dapat kembali mengalami kenaikan hingga menyentuh angka Rp50 ribu menjelang hari raya Idulfitri.

Sementara itu, Manise pedagang telur ayam negeri, menyampaikan kenaikan harga juga terjadi pada telur ayam negeri sejak bulan Februari lalu. Dari semula Rp27 ribu kini mengalami kenaikan menjadi Rp31 ribu per kilogramnya.

“Penyebab utamanya ya karena harga pakan ayam yang mahal. Jadi pengaruhnya ke penjualan telur ke konsumen harus dinaikkan,” katanya.

Lebih jauh, Salah satu konsumen, Risa yang juga pedagang mi ayam mengeluhkan harga daging ayam potong yang terus melambung. Hal ini tentu berpengaruh kuantitas dari penjualan ke konsumen.

Baca Juga :   Plt Mentan Optimis Kurangi Impor, Dorong Produk Olahan Asal Ternak Dalam Negeri

“Harga jualnya tetap, karena kalau di Batang susah mau menaikkan harga, nanti konsumen pada lari. Paling jumlahnya yang dikurangi sedikit,” ungkapnya.

Sebelumnya, jumlah ayam cincang yang dibeli mencapai 3 kilogram seharga Rp105 ribu, sekarang naik menjadi Rp115 ribu untuk ukuran 3 kilogram.

“Semoga pemerintah memperhatikan pedagang kecil seperti kami, supaya harga beli ayam potong kembali normal,” ujar dia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.