Jaga Produksi Pangan, Urban Farming Di Jaktim Panen Sejumlah Sayuran

oleh -11 views
Kacang Panjang
Foto : Pixabay

Panennews.com – Sebanyak lima kilogram kacang panjang, empat kilogram terung, dua kilogram cabai rawit, dan lima kilogram daun singkong berhasil dipanen dari lahan tanam urban farming.

Adapun lahan tanam urban farming itu terletak di Kantor Kelurahan Dukuh, Kecamatan Kramat Jati, Jakarta Timur (Jaktim).

Sekretaris Kelurahan Dukuh, Daily Yuniarti mengatakan, di lahan seluas 70 meter persegi yang dikelola petugas Penanganan Prasarana dan Sarana Umum (PPSU) tersebut ditanam beragam jenis sayur mayur dan buah.

“Panen hari ini dipimpin langsung Bu Lurah, Sri Yanti. Lahan urban farming ini juga menjadi edukasi bagi warga agar bisa menjaga ketahanan pangan mandiri dengan memanfaatkan sekecil apapun lahan,” ujarnya, Rabu (13/03/2024).

Baca Juga :   Sumber Karbohidrat, Kemenperin Kembangkan Hilirisasi Industri Sagu

Sementara itu, Kepala Seksi Pemerintahan Kelurahan Dukuh, Nurmalia menambahkan, hasil panen dibagikan kepada pegawai, khususnya Penyedia Jasa Lainnya Orang Perorangan (PJLP).

“Semoga ke depan semakin banyak yang tergerak melakukan urban farming. Selain lingkungan lebih hijau, ketahanan pangan dan pemenuhan gizi keluarga dapat terpenuhi,” tandasnya.

Lebih jauh, Nurmalia juga mengatakan bahwa urban farming ini akan terus mengencarkan penanaman sejumlah jenis sayur.

Adapun tujuannya agar tetap menjaga produksi pangan secara mandiri dan tentunya untuk menjaga ketahanan pangan di wilayahnya. Terlebih, menanam sayuran ini banyak manfaatnya bagi warga sekitar.

Baca Juga :   Genjot Produksi, Kementan Beri Bantuan 100.000 Benih Kopi Di Kabupaten Dairi

Urban farming ini akan kami gencarkan untuk menanam sejumlah jenis sayur, tujuannya yaitu untuk menjaga produksi pangan secara mandiri dan menjaga ketahanan pangan wilayah” tutupnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.