Manfaatkan Lahan Kosong, Kabupaten Aceh Besar Panen Raya Padi

oleh -19 views
img_20240213_wa00501
Foto : Dok. Pemprov Aceh

Panennews.com – Penjabat (Pj) Bupati Aceh Besar, Muhammad Iswanto melakukan panen raya padi sawah MT Rendengam tahun 2024.

Adapun hal itu bersama dengan Komandan Lanud Sultan Iskandar Muda Kolonel Pnb Yoyon Kuscahyono SSos dan unsur Forkopimda yang berlangsung di lahan pertanian Lanud SIM, Blang Bintang, Aceh Besar, Kamis (15/02/2024) pagi.

Dalam sambutannya, Pj Bupati Muhammad Iswanto menyampaikan, petani harus memanfaatkan lahan-lahan kosong untuk memaksimal potensi sumber daya alam serta hasil pertanian di Kabupaten Aceh Besar.

“Tentunya, produksi itu bisa menopang hasil panen untuk Provinsi Aceh khsususnya Kabupaten Aceh Besar. Dan ini menjadi bukti bahwa seluruh jajaran yang dibantu oleh seluruh Forkopimda, sehingga kita bisa berbuat dan pada hari ini kita bisa menunjukkan hasilnya,” ujarnya.

Kemudian, untuk diketahui bersama, dari seluruh jajaran baik itu dari Pemerintah Pusat dan daerah sudah melaksanakan panen raya perdana di Kabupaten Aceh Besar.

Baca Juga :   Lahan Menyusut, Produksi Pertanian NTB Tetap Stabil

“Ini menjadi salah satu bukti konkrit yang bisa kita saksikan selama ini, bahwa hasil panen khususnya padi sangat mengembirakan,” tutur Iswanto.

Lebih lanjut, Pj Bupati Muhammad Iswanto menyampaikan kepada seluruh petani untuk terus bersyukur, meskipun hanya mampu menguatkan diri dengan swadaya pangan. Tetapi Pemerintah Pusat melalui Presiden selalu memberikan perhatian dan bantuan kepada petani di Aceh Besar.

“Kemaren kita di Aceh Besar baru saja diberikan bantuan untuk 40 ribu kelompok penerima manfaat, tahun lalu lebih kurang 36 ribu. Dan Alhamdulillah, tahun ini meningkat menjadi 40 ribu, ini wajib kita syukuri, karena pemerintah pusat tidak menutup mata untuk membantu petani di Aceh Besar,” sebut Muhammad Iswanto.

Dikesempatan itu, Ia juga menyampaikan, mengenai pupuk bersubsidi, apabila para petani memiliki kendala di lapangan tolong disampaikan kepada penyuluh.

Baca Juga :   Mentan : Lombok Salah Satu Kunci Swasembada Padi dan Jagung

“Karena kita pelan-pelan mengikuti metode yang sudah ditentukan oleh Pemerintah pusat, sehingga nanti berdampak meningkatkan kembali pupuk bersubsidi di Kabupaten Aceh Besar,” pungkasnya.

Sementara itu, Komandan Lanud Sultan Iskandar Muda(SIM) Kolonel Pnb Yoyon Kuscahyono SSos mengungkapkan dengan berdaulat pangan berarti masyarakat berhak menentukan kebijakan pangan secara mandiri dan menjamin atas pangan bagi masyarakat.

“Karena ini sudah memberikan hak terhadap masyarakat untuk menentukan sistem pertanian pangan yang sesuai dengan potensi sumber daya lokal,” pintanya.

Selain itu Ia juga mengajak, memberikan dukung penuh kepada para petani untuk terus berjuang dan berkarya dalam menciptakan kemandirian pangan.

“Kita juga dapat mendukung dengan membeli produk petani lokal untuk mendorong dalam meningkatkan perekonomian mereka,” tutupnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.