Kendalikan Inflasi, Bapanas Dukung Penyaluran Bantuan Beras SPHP

oleh -8 views
Beras
Foto : Panen News

Panennews.com – Memperhatikan perkembangan serta mencegahnya laju inflasi beras bulan Januari 2024.

Badan Pangan Nasional/National Food Agency (NFA) menghimbau kepada seluruh stakeholders untuk terus mendukung upaya Stabilisasi Pasokan dan Harga Pangan (SPHP) Beras dan penyaluran bantuan pangan beras sepanjang tahun 2024.

Deputi Bidang Kerawanan Pangan dan Gizi NFA Nyoto Suwignyo dalam Rakor Pengendalian Inflasi Pangan Daerah di Kemendagri, Selasa (06/02/2024) mengatakan penyaluran bantuan pangan beras ternyata efektif menahan laju inflasi pangan, dimana laju inflasi beras bisa ditahan serendah mungkin pada Mei dan Oktober 2023.

Oleh karena itu, Nyoto mendorong agar penyaluran bantuan pangan beras bulan Januari 2024 dapat segara dirampungkan di awal Februari 2024.

Baca Juga :   Gula Dan Cabai, Penyumbang Inflasi Tertinggi Di Kota Mataram

“Kami harapkan penyaluran pertama bulan Januari dapat selesai awal Februari ini, dan diharapkan bersinergi bersama dan kolaborasi lintas sektor agar penyaluran bantuan ini tepat waktu, tepat sasaran, dan tepat kualitas,” ujar Nyoto.

Langkah strategis lainnya yang dilaksanakan NFA antara lain operasi pasar melalui SPHP Beras dan penyaluran CBP komersial, Gerakan Pangan Murah (GPM), Fasilitasi Distribusi Pangan (FDP), serta penguatan data.

Lebih lanjut, dan informasi pangan khususnya terkait dengan Panel Harga Pangan, Proyeksi Neraca Pangan, serta Sistem Monitoring Stok Pangan Strategis (Simonstok).

“Kami berharap dukungan aksi dan kebijakan Pemerintah Daerah dalam rangka pengendalian inflasi pangan tahun 2024 antara lain melalui Kerjasama Antar Daerah, Gerakan Pangan Murah, Fasilitasi Distribusi Pangan, pemantauan pasokan dan harga pangan, penguatan Cadangan Pangan Pemerintah Daerah (CPPD), hingga penguatan koordinasi Tim Pengendali Inflasi Pangan Daerah (TPID), Satgas Pangan, dan stakeholder lainnya,” imbuhnya.

Baca Juga :   Indonesia Komitmen Perkuat Ekspor Rempah Ke Negara India

Sebagaimana diketahui tingkat inflasi beras bulan Januari 2024 mencapai 0,64% (m-t-m) dan 0,56% (y-o-y), dengan rata-rata nasional harga Beras Medium di tingkat produsen Zona I Rp. 13.294,-/kg, Zona II Rp. 13.768,-/kg, dan Zona 3 Rp. 16.248,-/kg.

“Sementara BPS memperkirakan masa panen gabah/beras akan mulai terjadi pada bulan Maret 2024 sebanyak 6,10 juta ton” tutupnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.