Mentan Amran Sebut Produktivitas Jagung Di Medan Capai 10 Ton

oleh -11 views
jagung_petani
Foto : Pexels

Panennews.com – Menteri Pertanian, Andi Amran Sulaiman (Mentan Amran), memberikan sejumlah bantuan dibidang pertanian ke Provinsi Sumatera Utara dengan jumlah mencapai lebih dari Rp. 534 Milyar.

Bantuan tersebut ditujukan untuk mendukung peningkatan produksi sejumlah komoditas pangan strategis khususnya padi dan jagung.

Usai melakukan Panen dan Tanam Jagung bersama Walikota Medan Bobby Nasution di Kecamatan Medan Tuntungan, Kota Medan.

Secara khusus Mentan Amran menargetkan agar Sumatera Utara menjadi penghasil jagung nasional tertinggi kedua setelah Jawa Timur yang selama ini berada ditingkat teratas.

“Khususnya Sumatera Utara, kami target, kalau bisa dicapai, saya yakin bisa, capai peringkat kedua nanti untuk jagung di Indonesia, karena sekarang nomor satu adalah Jawa Timur, kalau itu dicapai bantuan nanti kami akan tambah” ungkap Mentan Amran saat bertemu dengan 20.000 petani di Lapangan Benteng, Medan, Senin (05/02/2024).

Baca Juga :   Pemerintah Segera Umumkan Harga Gabah Dan Beras Terbaru

Lebih lanjut Mentan Amran mengatakan, memberi dukungan terhadap petani dapat dilakukan dengan cara – cara senderhana. Kuncinya, beri petani ruang untuk untung, maka para petani akan secara otomatis berproduksi.

Berikutnya, Mentan Amran berkomitmen untuk mendukung Sumatera Utara dalam melakukan berbagai langkah akseleratif agar produksi jagung berjalan maksimal salah satunya dengan menyalurkan berbagai bantuan.

“Arahan Bapak Presiden, ada bantuan 14 Triliun untuk pupuk, kemudian ada bibit kami bantukan untuk seluruh Indonesia 4 juta hektar, 2 juta jagung, 2 juta padi, itu gratis, supaya petani kita ada kemauan keras untuk berproduksi” kata Mentan Amran.

Optimis produksi jagung akan meningkat, salah seorang perwakilan petani jagung sekaligus Ketua Kelompok Tani Pembangunan, Mangantar Harahap mengatakan produktivitas jagung di wilayah Sumatera Utara secara umum sangat baik.

Baca Juga :   Cegah El Nino, Kementan Siapkan Lahan Dan Benih Di Sejumlah Provinsi

“Produktivitas jagung saat ini, khususnya di Medan itu 6-7 ton, tapi itupun bisa mencapai 8-9 ton, bahkan 10 ton tergantung cara petani yang mengolah lahan, tergantung cuaca, kalau cuaca bagus, pemilihan bibit yang bagus, olah tanah dan pemupukan yang bagus, hasilnya bisa maksimal” terangnya.

Adapun jagung merupakan salah satu komoditas pangan penting di Indonesia baik untuk keperluan bahan pangan, pakan ternak, maupun bahan baku industri.Berdasarkan data produksi jagung nasional di tahun 2023 mencapai 20,2 juta ton.

Dari total produksi jagung nasional, Jawa Timur merupakan daerah penghasil jagung terbesar dengan produksi mencapai 5,37 juta ton. Sementara itu, luas panen jagung di Sumatera Utara pada tahun 2023 mencapai 208.489 hektar, dengan perkiraan produksi jagung di angka 1.314.467 ton.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.