Potensi Lahan 90 Hektare, Lumajang Dorong Cabai Rawit Di Desa Bades

oleh -25 views
Ilustrasi Tanaman Cabai
Ilustrasi Tanaman Cabai - Foto : IG/komunitashijaupyk

Panennews.com – Pj. Bupati Lumajang, Indah Wahyuni (Yuyun) bersama sejumlah Perangkat Daerah menyemarakkan lahan cabai rawit varietas ori 212.

Lahan tersebut berada di Desa Bades Kecamatan Pasirian Kabupaten Lumajang, Jawa Timur dengan melakukan panen bareng, Senin (15/01/2024).

Yuyun mengharapkan, Desa Bades yang memiliki potensi lahan lebih dari 90 hektare untuk tanaman cabai rawit, dapat menjadi pemasok utama kebutuhan cabai rawit di Kabupaten Lumajang. Dirinya optimis dengan potensi yang dimiliki tersebut mampu menjadi solusi untuk mengendalikan inflasi di daerah.

Baca Juga :   Panen Raya Di Subang, Presiden : Bisa Tambahkan Cadangan Beras Kita

Dalam kesempatan tersebut, dirinya juga berbicara tentang pentingnya seimbang antara kebahagiaan petani dan stabilitas ekonomi.

“Kalau harga tinggi petani senang tapi inflasinya naik, ini yang harus kita seimbangkan,” ungkap dia.

Saat ini, harga cabai rawit di Lumajang masih dapat terjangkau oleh masyarakat, meskipun terdapat peningkatan harga yang cukup signifikan. Pj. Bupati optimis bahwa kondisi pasar komoditas cabai rawit dapat tetap terkendali.

Selain melakukan panen, Pj. Bupati Lumajang juga memberikan bantuan perangkap lingkat kuning kepada petani di kelompok tani Suka Tani untuk mengantisipasi hama serangga.

Baca Juga :   Sistem Green House, Menyulap Lahan Tandus Jadi Pemasok Sayur Terbesar Eropa

Sementara itu, Kepala Desa Bades, Sahid mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Lumajang atas perhatian terhadap para petani di Desa Bades.

Lebih jauh, Ia berharap agar pemerintah dapat memfasilitasi petani dengan memberikan akses lebih baik terhadap pupuk dan obat pertanian.

“Harapan saya, program untuk kelompok tani bisa diberikan kemudahan, terutama dalam akses pupuk dan obat-obatan. Standar harga juga perlu diperhatikan oleh pemerintah,” harapnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.