Kementan Dan Petani Pontianak, Kendalikan Hama Kumbang Di Pohon Kelapa

oleh -24 views
IMG-20240112-WA0010
Foto : Dok. Kementan

Panennews.com – Kementerian Pertanian (Kementan) melalui Direktorat Jenderal Perkebunan bersama Dinas Kabupaten setempat, melakukan pendampingan pengendalian Organisme Pengganggu Tumbuhan (OPT) kelapa di Kalimantan Barat.

Tepatnya di kebun kelapa milik Kelompok Tani Perdamaian di Desa Sui Nipah dan Desa Peniti Luar, Kec Jungkat Kab Pontianak.

Pendampingan pengendalian OPT dimaksudkan untuk meminimalisir tingkat serangan sehingga produktivitas pertanian meningkat.

Hal ini sejalan dengan arahan Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman beberapa waktu lalu, jajaran lingkup Kementerian Pertanian diminta untuk meningkatkan produksi dan produktivitas pertanian sehingga dapat meminimalisir ketergantungan impor dan meningkatkan ekspor komoditas pertanian.

OPT yang dikendalikan adalah kumbang tanduk (Oryctes rhinoceros) dan kumbang janur Brontispa longissima seluas 37,5 Ha. Kebun kelapa milik Poktan Perdamaian merupakan kebun kelapa hibrida berumur 2-30 tahun dengan tinggi antara 1,5-7 meter.

Baca Juga :   Ketahui 3 Manfaat Menanam Daun Pandan Di Pekarangan Rumah

Sebelumnya, Direktur Jenderal Perkebunan Andi Nur Alam Syah menghimbau agar petani menggunakan prinsip Pengelolaan Hama Terpadu (PHT) dengan memadukan pengendalian biologis menggunakan Agens Pengendali Hayati (APH), musuh alami, dan insektisida kimia sebagai pilihan terakhir.

“Kebun kelapa ini merupakan penghasil nira, bahan dalam pembuatan gula merah. Penggunaan APH dan predator termasuk tindakan pengendalian yang lebih tepat karena aman bagi manusia dan lingkungan,” ujarnya, Jumat (12/01/2024).

Ia menjelaskan, dalam pengendalian ini digunakan APH Metarhizium sp untuk mengendalikan karva Oryctes rhinoceros pada fase larva dan predator cocopet (Chelisoches morio) yang merupakan musuh alami Brontispa longissima serta insektisida berbahan aktif karbofuran dan lamda sihalotrin.

Baca Juga :   Hakordia 2020, Mentan Pesan Jaga Harga Diri Cegah Korupsi

Kegiatan pendampingan pengendalian diawali dengan pemberian penyuluhan mengenai ambang ekonomi hama Oryctes rhinoceros dan Brontispa longissimi, cara aplikasi APH, manfaat musuh alami dan penjelasan mengenai pemberian pestisida yang tepat waktu, dosis dan sasaran.

“Diharapkan melalui kegiatan ini, petani dapat termotivasi untuk melaksanakan kegiatan pengendalian secara mandiri bersama anggota Poktan yang lain,” tutupnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.